Begini Kesaksian Habib Hud Alatas Saat Jalani Misi Kemanusiaan di Gunung Sinabung

Hilal Merah Indonesia, MEDAN – Ketua DPD FPI Sumatera Utara, Habib Hud Alatas membeberkan rentetan aktivitas sosial yang dilakukan jajaran relawan FPI, pasca peristiwa erupsi Gunung Sinabung yang sempat melanda dataran tinggi di Kabupaten Tanah Karo-SUMUT.

Berbagai kisah menarik yang dilontarkan Habib Hud, menyoal kegiatan kemanusiaan di wilayah tersebut disambut baik oleh sebagian masyarakat Tanah Karo.

Misi yang diemban oleh para relawan FPI di wilayah tersebut adalah murni kemanusiaan.

“Sedari awal, kedatangan kami ke wilayah terdampak di Gunung Sinabung memang murni misi kemanusiaan. Itu berawal pada saat kedatangan Imam Besar FPI, Al-Habib Muhammad Rizieq bin Shihab (HRS) di tahun 2013 lalu yang berhasil mendistribusikan berbagai bantuan,” ungkap Habib Hud.

Beliau (HRS) berpesan, agar secara kontinyu menindaklanjuti misi kemanusiaan kepada warga disana. Sehingga pada saat itu, kegiatan sosial berkelanjutan baik bantuan fisik maupun bantuan kemanusiaan lainnya.

Al-Habib Hud Alatthos (paling kanan), Ustadz Bukhori (Kedua dari Kanan), Istri Ustadz Bukhori (Kedua dari kiri), Anak Ustadz Bukhori (Paling Kiri)

“Alhamdulillah, saat itu muslim yang sudah kita syahadatkan disana lebih kurang 270 orang, dan yang sudah kita sunatkan ada 100 orang lebih begitu pula yang kita nikahkan kembali,” kata Habib Hud

Itu berlanjut hingga meredanya gelombang erupsi tersebut. Tiba-tiba di tahun 2017, erupsi kembali terjadi, kamipun kembali terjun kesana,” lanjutHabib Hud.

Awal Pembangunan Rumah Warga yang menyatu dengan Kandang Kambing di SUMUT oleh FPI.

Disitu Habib Hud memulai dengan memberikan bantuan Fisik seperti pembangunan rumah. Diawali dengan rumah Ustad Bukhori di Desa Suka Kendel, Kecamatan Payung yang kondisinya sangat memprihatinkan.

“Rumah Ustad Bukhori ini sebelumnya menyatu dengan kandang kambing. Jadi beliau tinggallah disitu beserta anak-istrinya. Sehingga, taqdir Allah mengantarkan kami kesana, saat para relawan tengah membangun sebuah Masjid di Desa Tambaru,” paparnya.

FPI SUMUT Renovasi Rumah Warga yang Menyatu Kandang Kambing
Kediaman Rumah Ustadz Bukhori yang Renovasi oleh DPD FPI SUMUT.

Sepulangnya dari merenovasi Masjid, Habib Hud singgah di rumah Ustad Bukhori. Sembari melihat kondisi rumah, Habib Hud menjumpai Ustad Bukhori dan berbincang-bincang.

“Alhamdulillah, 5 hari kemudian kami langsung bereaksi. Tak hanya merenovasi, tapi kami membangun secara total dengan dinding permanen dari batu, atapnya menggunakan baja ringan dan luasnya disesuaikan dengan rumah beliau sebelumnya,” jelas Habib Hud.

FPI SUMUT Renovasi Rumah Warga yang Menyatu Kandang Kambing
Dokumentasi Masjid Nur Salamah yang direnovasi oleh DPD FPI & HILMI FPI Sumut beberapa Waktu lalu.

Pergerakan inilah yang akhirnya membuat masyarakat setempat, melirik pergerakan Habib Hud beserta para relawan.

“Karena pada saat itu, kita tidak membawa atas nama FPI, karena kita tahu disana umumnya mayoritas nasrani,” tegasnya.

Berjalan waktu, Habib Hud terus melakukan pendekatan kepada warga, sehingga lama-kelamaan mereka mengetahui bahwa yang membangun rumah Ustad Bukhori itu adalah relawan FPI, dengan adanya mobil ambulance serta beberapa bendera FPI yang terpampang disana.

“Itu semua, murni swadaya kita sendiri, bersama para teman, kolega, dan para dermawan. Hingga sempat menarik perhatian warga disana,” kata Habib Hud

Alhamdulillah, para pendeta disana sedikit miris melihat kita dan pada saat mereka mengadakan pertemuan, kamipun menjelaskan bahwa misi kita sebenarnya disini adalah murni kemanusiaan tak ada embel-embel lainnya. Alhamdulillah, mereka sangat gembira dengan kedatangan kita. Bahkan mereka siap untuk mengawal pergerakan kita,” lanjut Habib Hud.

FPI SUMUT Renovasi Rumah Warga yang Menyatu Kandang Kambing

Hingga proses pembangunan di tahap awal yaitu pembangunan rumah Ustad Bukhori serta 2 buah Masjid yaitu di Tambaru, Kecamatan Simpang Empat dan Masjid Noor Salamah dan Masjid Muslimin di Kecamatan Simpang Empat seluruhnya selesai.

“Untuk Masjid di Tambaru, kita memberikan bantuan berupa bahan material. Sedangkan di Masjid Noor Salamah, murni kita yang merenovasi. Atap dan dindingnya kita bongkar semuanya,” pungkasnya.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bedah Rumah / Begini Kesaksian Habib Hud Alatas Saat Jalani Misi Kemanusiaan di Gunung Sinabung
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *