Pabrik Korek Gas Ludes Terbakar, FPI Langkat Bantu Evakuasi Jenazah Terpanggang

Hilal Merah Indonesia, MEDAN – Sebuah bangunan yang diduga merupakan home industri mancis (Pabrik Korek api gas) dikabarkan ludes terbakar di desa Sambirejo, Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat-Sumatera Utara, pada Jumat 21 Juni 2019 siang tadi.

Berdasarkan informasi yang dirilis DPW FPI Langkat, jumlah korban tewas sementara mencapai 28 orang. Pasalnya, mereka terperangkap dan terpanggang di dalam api yang membakar bangunan tersebut.

Riza Azhari, salah seorang relawan FPI Langkat menyatakan, kejadian itu begitu cepat lantaran cuaca sedang terik dan kebanyakan warga sudah banyak yang berangkat ke masjid untuk melaksanakan sholat Jumat.

Sehingga bantuan awal sangat minim hingga evakuasi pabrik korek yang terbakar juga sulit dilakukan karena terdapat beberapa letupan gas yang berasal dari bangunan tersebut sehingga menghambat warga untuk membantunya.

Pabrik Korek Terbakar, FPI Langkat Bantu Evakuasi Jenazah

“Kejadian tersebut kebetulan bertepatan dengan aksi program berbagi untuk Dhuafa yang mengidap kanker, serta satu keluarga yang berada di lokasi lainnya yang miskin yang akan dilakukan tim DPW FPI LANGKAT beserta Humas Pemkab Langkat, tim PKH dan Puskesmas Kecamatan Binjai hadir di sekitar desa yang sama,” kata Riza.

Dalam hal itu, lanjut Riza, FPI Langkat telah melaksanakan tindakan motorik.

Relawan FPI Terjun ke Lokasi Kebakaran.

Melihat kejadian tersebut, tim Relawan FPI langsung terjun ke lokasi kebakaran. Menurut Riza, Korban tewas terpanggang mayoritas korban merupakan pekerja wanita, dan diantaranya ada anak-anak.

Pabrik Korek Terbakar, FPI Langkat Bantu Evakuasi Jenazah

Tim awal yang minim peralatan tidak bisa berbuat banyak, karena situasi dan kondisi yang cukup sulit sementara akses ke dalam bangunan tersebut tertutup teralis besi dan terisolasi hingga korban tidak bisa diselamatkan lagi, ditambah lagi dengan kecepatan api lantaran terdapat unsur gas.

“DPW FPI LANGKAT bekerjasama dengan semua pihak langsung melakukan evakuasi dan korban dibawa ke RS Bhayangkara Medan. Sementara ini kita masih assasement untuk hal kebakaran dan korban serta keluarga,” Lanjutnya.

Sementara kita sedang merencanakan akan mengadakan konseling pada keluarga korban dan psikoterapi atau gerakan sosial lainnya, nanti kita liat perkembangan selanjutnya. Saat ini, kita masih di lapangan dan evakuasi masih berlangsung oleh Relawan FPI Langkat,” paparnya.

Artikel Lainnya :

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Pabrik Korek Gas Ludes Terbakar, FPI Langkat Bantu Evakuasi Jenazah Terpanggang

Aplikasi HILMI FPI

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.