Tim Relawan HILMI-FPI membantu warga korban banjir bandang di Gresik-Jawa Timur

HILMI-FPI Gresik Beserta Relawan Terjun ke Lokasi Banjir

Hilal Merah Indonesia, GRESIK – Musibah banjir bandang kini terjadi pula di empat kecamatan di Kabupaten Gresik, Jawa Timur, pada Jumat malam 3 Mei 2019 lalu. Banjir yang diakibatkan oleh meluapnya Kali Lamong itu telah merendam Kecamatan Balongpanggang, Benjeng, Cerme, serta Menganti.

Derasnya arus sungai Lamong itu juga diperparah dengan jebolnya dua buah tanggul yakni di Desa Pandu, Kecamatan Cerme dan tanggul di Desa Cermen, Kedamean. Akibatnya, mulai dari jalan poros desa, jalan raya, rumah, sawah, sekolah, dan instansi pemerintah, tergenang air dengan ketinggian air yang bervariasi.

Kabarnya, luapan Kali Lamong itu terjadi bukan kali pertama ini saja dirasakan warga di empat kecamatan tersebut. Pada bulan Maret 2019 lalu, warga juga sudah sempat merasakan hal serupa akibat curah hujan tinggi yang terjadi di daerah hulu (Jombang dan Mojokerto).

Aksi para relawan dari Hilal Merah Indonesia (HILMI) dan Laskar Pembela Islam (LPI) dari Front Pembela Islam (FPI) DPW Kab Gresik telah tiba di lokasi sejak kejadian pada Jumat malam (3/5/19).

Para relawan HILMI-FPI di bawah komando Muhammad Zainul Bilfegih selaku Ketua HILMI kab Gresik bergabung bersama dengan para tim relawan lain dari LazisMu, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM), Jiwana, PASCAL L-02, Aisyiyah, SAKA BAHARI, IEA, serta beberapa relawan di posko yang terletak di Masjid Sabilillah di kecamatan Cerme.

Berdasarkan informasi yang diterima tim HILMI-FPI di lapangan, sebanyak lebih dari 1000 rumah dari empat Kecamatan yang terendam banjir. Tujuh desa diantaranya terdampak banjir di Kecamatan Balongpanggang yakni Desa Ngampel, Dapet, Banjaragung, Wotansari, Karangsemanding, Sekarputih, serta Pucung.

Sementara di Kecamatan Benjeng, sebanyak enam desa terdampak banjir di antaranya Sedapurklagen, Deliksumber, Kedungrukem, Munggugianti, Lundo, dan Bulurejo.

Sedangkan di Kecamatan Cerme, ada tiga desa yang terdampak banjir kali ini mulai dari Desa Morowudi, Dungus, hingga Iker-iker Geger. Kemudian untuk Kecamatan Menganti, ada dua desa yang terdampak banjir meliputi Boboh dan Mojotengah.

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram