Ini salah satu rumah warga di Lombok yang roboh akibat guncangan gempa berkekuatan 5,8 SR di Lombok Timur

Lombok Kembali Diguncang Gempa Bumi

Hilal Merah Indonesia, NUSA TENGGGARA BARAT – Musibah kembali menyelimuti sebagian wilayah di Kabupaten Lombok Timur dengan guncangan gempa berkekuatan 5,8 SR di hari Ahad 17 Maret 2019 kemarin. Dua menit kemudian, disusul kembali dengan kekuatan 5,1 SR pada kedalaman 10 km.

Akibatnya, 3 Kecamatan di Lombok Timur (Lotim) terkena dampak dari guncangan tersebut yaitu Kecamatan Pringgasela, Kecamatan Sembalun dan Kecamatan Montong Gading.

Tim Relawan dari berbagai instansi langsung terjun menuju lokasi kejadian untuk memantau kondisi serta membantu mengevakuasi para korban yang tertimpa reruntuhan. Alhamdulillah, hingga berita ini disampaikan belum tersiar adanya korban jiwa.

Dikabarkan, korban luka-luka serta bangunan rumah rusak diantaranya : Rifki Suherman (16), beralamat di Dusun Tampiasih, Desa Belanting. Kemudian Muna’ah (55) yang berlamat di DusunKoko Pedek, Desa Belanting, dan Inaq Kamariah (60) yang juga beralamat di Dusun Koko Pedek, Desa Sugian, Kecamatan Sambelia.

Sementara data kerusakan rumah ringan paling terbanyak berasal dari Desa Pesanggrahan yaitu sebanyak 475 unit, diantaranya Dusun Pesanggrahan sebanyak 82 unit, Dusun Solong Deye ada 98 unit, Dusun Banggle ada 122 unit, Dusun Kanjol Jawa 71 unit, Dusun Solong Lauk 61 unit dan Dusun Lunggu ada 41 unit.

Kemudian untuk kasus rumah yang roboh berjumlah 26 unit, diantaranya di Dusun Solong Deye 10 unit, Dusun Pesanggrahan 17 unit dan Dusun Bangle 3 unit.

Tak cukup sampai disitu, dampak guncangan gempa berkekuatan 5,8 SR ini juga menyebabkan longsornya tanah di Kawasan Air Terjun Tiu Kelep Senaru Bayan Kabupaten Lombok Utara.

Setidaknya terdapat lebih-kurang 40 wisatawan terkena longsoran di sekitar kejadian. Korban dominan berasal dari wisatawan Malaysia dan domestik. Sementara itu, pihak BPBD dan Dikes Pemda KLU telah menerjunkan 4 Ambulans ke lokasi kejadian bersama personil dan paramedis.

Menurut data yang dilansir Humaspro Setda Kecamatan Lombok Utara (KLU), saat ini baru bisa dievakuasi 5 orang, 2 orang meninggal dunia dan sejumlah lainnya luka-luka, 1 orang dirawat di Puskesmas Bayan.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bencana / Lombok Kembali Diguncang Gempa Bumi
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Comments are closed.