Pertemuan DPP HILMI-FPI dengan Imam Banten, Buya Qutrhubi dan Ketua DPD FPI Banten, KH. Fakhrurozi saat kunjungan kerja ke Provinsi Banten

Warga Pilih Menetap, HILMI-FPI Siap Bantu Dirikan Rumah

Hilal Merah Indonesia, BANTEN – Dalam rangka upaya program pemulihan pasca bencana tsunami yang melanda Provinsi Banten, DPP HILMI bekerjasama dengan DPD HILMI-FPI Banten berencana untuk melakukan perbaikan serta pembangunan rumah-rumah bagi warga yang menjadi target prioritas.

Ketua Umum DPP FPI Banten, KH. Fakhrurozi mengatakan, untuk pembangunan rumah di wilayah Banten terdapat berbagai sistem. Salah satunya dengan memberikan bahan bangunan kepada hunian yang siap dibangun, yaitu minimal diberikan budget Rp. 5 juta/rumah.

“Kemungkinan adapula yang diberikan sebesar Rp. 10-15 juta/rumah, tentunya dengan kategori tertentu diantaranya janda lansia, anak-anak yatim piatu serta kaum dhuafa,” terang Kyai Fakhru (sapaan akrabnya).

Sementara itu, Sekretaris DPP HILMI menambahkan, pembangunan rumah lebih lanjut nantinya akan berada di bawah naungan DPD HILMI-FPI Banten dan Insya Allah HILMI Pusat akan menyiapkan dana tersebut bekerjasama dengan DPP FPI. Target kami adalah 100 rumah,” ungkap M. Nachrowi, kepada media HILMI-FPI, Kamis (21/2/2019).

Kabarnya, di wilayah Kecamatan Sumur ada isu yang berkembang dari masyarakat bahwa mereka akan direlokasi ke lokasi yang berbeda. “Sebenarnya mereka (warga) sudah dibuatkan HUNTARA (hunian Sementara), tapi mereka ditempatkan di lokasi yang menurut mereka tidak cocok dan tidak layak, bahkan diklaim angker sehingga banyak warga yang tidak menempati HUNTARA tersebut,” terang Kyai Fakhru.

Menurut penuturan warga, sebenarnya tujuan mereka ingin direlokasi tersebut lantaran berkembang isu bahwa lokasi tersebut akan dijadikan tempat pariwisata, adapula yang mau mendirikan perusahaan tambak udang namun warga menolaknya. Bahkan Musholla yang dibangun oleh para relawan HILMI-FPI Banten awalnya sempat dilarang.

“Akhirnya warga memilih untuk tetap tinggal di lokasi tersebut. Karena mereka telah memiliki sertifikat, mereka juga warga asli sana. Wargapun sepakat untuk tidak mau keluar dari lokasi itu,” pungkasnya.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bedah Rumah / Warga Pilih Menetap, HILMI-FPI Siap Bantu Dirikan Rumah
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram