Salah seorang relawan DPW HILMI Ciamis melakukan penyurveian lokasi korban angin puting beliung di Ciamis-Jawa Barat

Tak Disertai Hujan, Puting Beliung Terjang Kota Ciamis

Hilal Merah Indonesia, CIAMIS – Puluhan rumah di wilayah Sukaharja, Desa Bangunharja, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis rusak total akibat diterjang angin kencang, Senin 18 Februari 2019, sekira pukul 17.00 WIB sore tadi.

Berdasarkan keterangan yang didapat oleh warga, sebelum angin kencang terjadi, cuaca di siang hari sangat cerah dan suhu panas. Beberapa saat sebelum angin menerjang, warga mendengar suara menderu dari arah Barat. Mendadak angin bertiup sangat kencang, hingga membuat suasana mencekam.

Angin bertiup sangat kencang, genting beterbangan lepas. Suasananya mencekam, mau keluar rumah takut, di dalam rumah juga khawatir, karena anginnya tidak segera mereda,” ujar salah seorang warga Sukaharja kepada HILMI-FPI Ciamis.

Selain genting berterbangan, lanjutnya, banyak pohon tumbang. Sebagian menimpa rumah sedangkan lainnya menimpa pepohonan lainnya.
IFrame

Biasanya kan sebelum angin kencang, terjadi hujan dahulu. Tapi anehnya kejadian ini hanya angin saja bertiup sangat kencang,” imbuhnya.

Selain itu juga beberapa pohon tumbang menghalangi jalan. DPW HILMI-FPI Ciamis langsung menijau lokasi bencana pasca terjadi musibah tersebut untuk membantu warga membersihkan yang menimpa dan menghalangi jalan.

Menurut data yang dirilis media HILMI-FPI, sejumlah warga yang terkena dampak angin puting beliung di Bangunharja, Cisaga-Ciamis sebagian besar terdapat di wilayah RT 12.

Total keseluruhan ada 75 Rumah, diantaranya 22 rumah mengalami rusak ringan, 35 rumah rusak sedang dan 18 rumah rusak berat. Sementara jumlah jiwa pemilik rumah yang menjadi korban sebanyak 215 Jiwa,” kata Yogi Nugraha, salah seorang relawan DPW HILMI-FPI Ciamis.

Kabarnya, salah satu rumah milik Ibu Yayah, seorang janda jompo di Kampung Sukaharja, Desa Bangunharja turut menjadi korban. Ibu Yayah tinggal seorang diri dan rumah yang satu lagi milik ibu Mar’ah, beliau juga seorang janda jompo.

Ini salah satu rumah seorang janda (lansia) ibu Mar’ah serta rumah yang tertimpa pohon besar. Rumah ini milik seorang janda (lansia) ibu Yahya yg tinggal seorang diri,” pungkasnya.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Tak Disertai Hujan, Puting Beliung Terjang Kota Ciamis
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram