Ketua Umum DPP HILMI-FPI sedang berbincang-bincang dengan para nelayan di Kampung Mamboro, Palu-Sulawesi Tengah

HILMI-FPI Sumbang Perahu Nelayan Korban Tsunami Palu

Hilal Merah Indonesia, SULAWESI TENGAH – Derita para korban tsunami khususnya di Kampung Nelayan, Kelurahan Mamboro, Palu-Sulawesi Tengah (Sulteng) masih memprihatinkan. Hingga kini, masih terdapat warga yang tinggal di beberapa tenda pengungsian.

Mereka (para warga), belum bisa kembali beraktivitas pasca tsunami yang menerjang kediaman serta menghancurkan perahu-perahu yang menjadi sumber mata penghasilan mereka. Musibah tsunami yang menghantam Kampung Nelayan Mamboro, merenggut nyawa 8 orang dan Mamboro Pusat sebanyak 29 orang, dengan rumah yang hancur total.

Atas dasar inilah kemudian, DPP HILMI bekerjasama dengan DPD FPI Sulteng diwakili oleh Sekda Ustadz Mahmud berencana untuk memberikan bantuan perahu kepada para korban khususnya di Kampung Nelayan-Mamboro, dengan tujuan untuk memulihkan perekonomian mereka agar aktivitas mencari ikan dapat kembali berjalan.

Nelayan Kampung Mamboro yang berdagang ikan hasil tangkapan juga membutuhkan 2 buah termos. Sementara 1 termosnya seharga Rp. 250.000 serta 2 buah gabus dengan harga @Rp. 150.000/buah.

Pada Jumat lalu, 1 Februari 2019, DPP HILMI-FPI bertolak menuju Kota Palu untuk melanjutkan program dan melakukan pertemuan dengan para nelayan di wilayah tersebut.

“Insya Allah, kami akan menyiapkan perahu nelayan sebanyak 5 unit yang bisa dipergunakan mereka (para nelayan) secara bergantian. Menurut para nelayan, 1 unit perahu itu bisa dipergunakan sebanyak 4 orang jika dengan 5 unit perahu, maka bisa dipergunakan oleh 20 orang,” ungkap Habib Ali Husein Al Hamid, Ketua Umum DPP HILMI-FPI, Senin 4 Februari 2019.

Oleh karenanya, para nelayan akan dibagi menjadi dua kelompok untuk bisa menikmati perahu yang disumbangkan, yaitu 2 perahu untuk Mamboro Pusat dengan panjang 9 meter dan menggunakan mesin katingting 9-13 PK. Kemudian 3 perahu untuk Mamboro Nelayan dengan panjang 6 meter dan mesin katingting 5,5 PK.

“Perahu-perahu tersebut sudah dipesan perahu yang panjangnya 5-6 meter berkisar Rp. 4,5-5 jutaan dan yang 9 meter harganya sekitar Rp. 8-9 jutaan. Kami juga sudah memberikan tanda jadi sebesar Rp. 7 juta. Insya Allah dalam waktu sebulan perahu tersebut akan selesai,” kata bib Ali.

Kemudian, lanjutnya, untuk mesin merek Honda 5,5 PK beserta pendorongnya seharga Rp. 3,7 juta, sementara mesin 9 atau 13 PK beserta alat pendorongnya berkisar Rp. 6,5 sampai 7 jutaan.

“Kesemua mesin tersebut merek Honda Thailand. Itu semua kami berikan kepada mereka yang berkelas,” imbuhnya.

Keesokan harinya, DPP HILMI dan DPD FPI Sulteng yang ditemani oleh para nelayan kampung Mamboro, melakukan perjalanan ke lokasi pembuatan perahu nelayan di Desa Enu dan Toaya Kecamatan Sindue, Kabupaten Donggala-Sulawesi Tengah, Rabu 2 Februari 2019.

Sementara itu di lokasi berbeda,, DPP HILMI dan DPD FPI Sulteng juga kemudian melakukan pertemuan bersama para nelayan di Desa Watusampu, Kecamatan Silae-Palu. Untuk para nelayan di kawasan ini, DPD HILMI Insya Allah akan menyiapkan 4 unit perahu.

Mereka juga membagi menjadi 4 kelompok, yang masing-masing kelompok terbagi 4 orang. Tim DPD FPI kemudian mengunjungi lokasi pembuatan perahu nelayan di Desa Surumana Kec. Banawa Selatan Kab. Donggala untuk melakukan kesepakatan.

Salah seorang nelayan yang juga selaku perwakilan RT setempat mengungkapkan rasa terimakasihnya atas seluruh bantuan yang diberikan DPP HILMI dan DPD FPI Sulteng.

“Alhamdulillah, terimakasih atas bantuan yang diberikan. Insya Allah dengan adanya perahu itu dapat menyambung hidup dan ekonomi kami. Kami bahagia sekali bisa melaut lagi,” ungkapnya.

Seperti diketahui, rumah para nelayan yang tinggal bibir pantai di Mamboro hancur total, sementara penghasilan mereka hanya sebagai nelayan.

“Selama perahu tidak ada, aktivitas mereka selama ini menjadi kuli bangunan atau mencari besi bekas untuk dijual demi memperpanjang hidup dan kebutuhan. Jadi sumbangan ini sangat bermanfaat dan juga tepat sasaran,” tuntasnya.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / HILMI-FPI Sumbang Perahu Nelayan Korban Tsunami Palu
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

One thought on “HILMI-FPI Sumbang Perahu Nelayan Korban Tsunami Palu”

Comments are closed.