Kondisi Aji Hermono, terbaring koma di RS Saiful Anwar, Kota Malang.

Aji, Buruh Lepas yang Malang Butuh Pertolongan

Hilal Merah Indonesia, Jawa Timur, Malang menerpa Aji Hermono (26 th), kayu sebesar diameter 50 sentimeter menimpa kepalanya, saat dirinya mengerjakan pekerjaannya sebagai buruh lepas pada 22 Januari 2019 lalu. Mas Aji pun mengalami pendarahan yang parah.

Di bawah guyuran hujan, Mas Aji dilarikan ke rumah sakit daerah untuk dilakukan penanganan medis. Karena keterbatasan peralatan, akhirnya Pak Rudi selaku kepala proyek yang memakai jasa tenaga Mas Aji memindahkan Mas Aji ke Rumah Sakit dr. Saiful Anwar, Kota Malang guna mendapatkan pelayanan medis yang layak.

Kondisi Aji Hermono, terbaring koma di RS Saiful Anwar, Kota Malang.
Kondisi Aji Hermono, terbaring koma di RS Saiful Anwar, Kota Malang.

Tiba di RS. Saiful Anwar, pihak rumah sakit meminta Mas Aji harus dilakukan tindakan operasi. Karena ketiadaan jaminan BPJS, biaya penanganan pasien harus dikenakan biaya umum. Operasi pun berjalan dengan baik.  

Usai operasi Mas Aji divonis mengalami pendarahan di otak, maka harus dilakukan operasi lanjutan dan pemulihan fisik. Pihak rumah sakitpun memberi gambaran pembiayaan 50 – 100 juta, selama Mas Aji ditangani di rumah sakit dalam rentang waktu yang diperkirakan cukup lama. Biaya yang tinggi tersebut dirinci dengan biaya rawat inap yang seharinya mencapai jutaan rupiah.

Dewan Pimpinan Wilayah Front Pembela Islam (DPW-FPI) Kota Malang, Jawa Timur yang mengetahui hal ini langsung bergerak untuk membantu masalah ini, diawali dengan mengunjungi pihak keluarga Mas Aji yang barada di Desa Bambang, Wajak, Kabupaten Malang.

Pihak keluarga yang mengetahui hal ini langsung tercedak syok dan tertunduk lesu mengingat biaya operasi bagi Mas Aji yang sangat tinggi bagi ukuran mereka warga desa biasa.

Di rumah sederhana itu, Mas Aji sebagai satu-satunya tulang punggung keluarga tinggal bersama ibu, istri serta seorang anaknya yang masih kecil. Dari pihak keluarga akhirnya memutuskan untuk menjual rumah guna membiayai pengobatan Mas Aji.

Kondisi rumah Mas Aji saat dikunjungi DPW FPI Kota Malang.
Kondisi rumah Mas Aji saat dikunjungi DPW FPI Kota Malang.

Rombongan DPW FPI Kabupaten Malang yang datang dipimpin Ustadz Mukhlis mencoba menguatkan pihak keluarga dan menyampaikan pesan dalam hal ini Hilal Merah Indonesia (HILMI) bersama FPI Kota Malang berupaya membantu semaksimal mungkin.

Atas arahan langsung Ketua DPP HILMI, Habib Ali Al Hamid, FPI Kota Malang bergegas melakukan penggalangan dana untuk Mas Aji. Alhamdulillah, menurut Andre Aston selaku Wali Laskar FPI Kota Malang, selain upaya penggalangan dana baik melalui sosial media dan langsung di tengah masyarakat, HILMI-FPI juga mendapat dukungan dari Yayasan Dana Sosial Al Falah (YDSF) dan Baitul Maal Hidayatullah (BMH) yang ada di Kota Malang.

Kondisi terakhir Mas Aji saat ini masih dalam keadaan terbaring koma di RS. Saiful Anwar dengan jumlah tagihan biaya yang sudah hampir mencapai 40 juta lebih.

Untuk itu, HILMI-FPI juga mengajak para dermawan dan masyarakat luas lainnya untuk berkenan membantu derita yang dialami Mas Aji dan keluarga.

Bantuan dan donasi Anda dapat disalurkan melalui: Rekening Kemanusiaan FPI, Bank Syariah Mandiri 7001440707 Kode Bank 451. Atau dapat pula menghubungi kontak personal 081332912627 (Andre Aston) dan 083130050218 (Devi/istri Mas Aji).

Semoga bantuan Anda semua dapat kami salurkan dengan amanah. (RG)

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Aji, Buruh Lepas yang Malang Butuh Pertolongan
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram