Relawan dari FPI Kota Pekalongan sedang membantu mengevakuasi warga dengan menggunakan rakit sederhana (sumber foto;fpi-online.com)

HILMI-FPI Kota Pekalongan Dirikan Posko Bantuan Banjir

Hilal Merah Indonesia, PEKALONGAN – Hujan deras yang terjadi sejak Sabtu malam (26/1) hingga Ahad pagi (27/1) mengakibatkan tiga wilayah di Kota dan Kabupaten Pekalongan yaitu Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan dan Kabupaten Batang, Jawa Tengah mengalami banjir yang cukup parah.

Guyuran hujan sepanjang malam ahad itu telah menambah debit air di wilayah tersebut hingga mencapai 1 meter lebih, hingga membuat ratusan warga mengungsi ke lokasi lain yang tidak terdampak oleh banjir.

Berdasarkan informasi yang didapat dari media sosial, banjir ini telah berhasil menggenangi Kelurahan Proyonangan Tengah, Kauman, Karanganyar, Watusalit, Desa Kalipucang Wetan, Kalipucang Kulon, Kidang Lor dan Kidang Wetan.

Bahkan ketinggian air di sejumlah wilayah Kelurahan dan desa di Kabupaten Batang. Adapun banjir yang melanda kota Pekalongan terutama di Kecamatan Pekalongan Utara hampir semua kelurahan terendam air seperti Kelurahan Panjang Wetan, Kandang Panjang, Bendan, Bandengan dan Pabean. Begitu pula banjir di Kabupaten Pekalongan antara lain Desa Wonokerto, Jeruksari dan Kajen.

Beberapa relawan dari FPI Kota Pekalongan, langsung terjun ke lokasi kejadian untuk membantu mengevakuasi warga. Mereka mencoba mengevakuasi korban banjir yang membutuhkan pertolongan.

Perahu-perahu apung sederhana juga disiapkan relawan FPI untuk menyelamatkan Korban, khususnya untuk para lansia yang sudah sepuh, sekiranya susah berjalan menembus genangan air. Rencananya, FPI Kota Pekalongan akan segera mendirikan Posko Logistik untuk menampung bantuan kemanusiaan yang akan ditujukan bagi para korban.

Bantuan logistik untuk korban musibah banjir di Kota Pekalongan sudah mulai berdatangan. Bantuan sementara datang dari Habib Abbas Al Haddad yang diserahkan secara langsung melalui HILMI-FPI Kota Pekalongan yang dipunggawai oleh Habib Khafid.

Bantuan yang diberikan Habib Abbas Al Haddad diantaranya berupa 23 karung beras (netto 5 Kg), air mineral sebanyak 106 dus, telur 3 pak + mie instant goreng puluhan dus, Kopi + Gula + Teh, Popok Bayi 4 kotak + bubur bayi + minyak Telon dan kayu putih. Bantuan ini nantinya akan di serahkan ke masyarakat yang terdampak bencana banjir di Pekalongan.

Aplikasi HILMI FPI

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram