Salah seorang Relawan DPW FPI Makassar sedang menanyakan kondisi kesehatan warga yang mengungsi di Puskesma Palangga, Gowa-Sulsel

Banjir Mulai Surut, 75 KK Warga Palangga Masih Mengungsi di Puskesmas

Hilal Merah Indonesia, SULAWESI SELATAN – Hujan lebat di hari kedua yang mengguyur dan merendam sebagian wilayah di Sulawesi Selatan, kian menambah debit air khususnya di Kabupaten Gowa.

Namun saat ini di Desa Pangka Binanga, ratusan warga kini masih mengungsi di Puskesmas Palangga. meski saat ini genangan air di wilayah tersebut sudah mulai berangsur-angsur surut.

Andika, salah seorang Relawan dari Laskar Pembela Islam DPW FPI Makassar mengabarkan bahwa setidaknya ada sekitar 75 KK atau sekitar 400-500 orang masih mengungsi di dalam dan area halaman Puskesmas dan Masjid dengan menggunakan tenda-tenda. Saat ini mereka tinggal dengan alas tidur seadanya, lantaran rumah-rumah mereka banyak yang terendam banjir.

Di wilayah ini, genangan air sudah berangsur-angsur surut. Namun, Selasa kemarin air mencapai leher orang dewasa. Warga khawatir terjadi banjir susulan, lantaran hujan lebat saat ini masih melanda wilayah tersebut,” terang Andika, saat dikonfirmasi Media HILMI-FPI, Rabu (23/1/2019).

Di wilayah ini, kata Dika (sapaan akrabnya), ada sekitar 10 relawan dari DPW FPI Kota Makassar dan 5 orang relawan dari DPW FPI Gowa. Mereka sudah menyebar ke berbegai titik untuk mencari warga yang belum dievakuasi.

Kalau kami masih berada di pengungsian untuk menemani warga disini, sebagian lain sudah menyebar. Saat ini pengungsi membutuhkan makanan, selimut, perlengkapan bayi, air mineral dan pembalut wanita. Kami mohon bantuannya dari para donatur untuk segera mengirimkan logistik untuk keperluan para pengungsi,” ungkap Dika.

Usai melakukan aksi bersih-bersih di Desa Pangka Bananga, sebagian relawan disebar ke wilayah berbeda untuk menyisir kondisi bencana tanah longsor. Dikabarkan ada sekitar 20 orang meninggal dunia karena tertimbun longsoran.

Sebagian relawan melakukan bersih-bersih genangan lumpur, dan sebagian lainnya langsung menuju Maros dan wilayah yang terkena longsor. Karena dikabarkan ada 20 orang disana yang tertimbun longsoran dan belum ada bantuan sama sekali. Mohon doa’anya agar kami bisa masuk akses kesana,” beber Muhammad Rizal, Relawan dari DPW HILMI Makassar.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bencana / Banjir Mulai Surut, 75 KK Warga Palangga Masih Mengungsi di Puskesmas
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram