tim relawan HILMI-FPI Garut membersihkan beberapa rumah warga yang rumahnya tertimpa pepohonan yang tumbang akibat angin puting beliung

Relawan HILMI-FPI Garut Bantu Bersihkan Pohon Tumbang

Hilal Merah Indonesia, GARUT – Hujan deras disertai angin kencang telah memporak-porandakan puluhan rumah warga di Desa Tanjung Karya, Kecamatan Samarang, Garut-Jawa Barat, pada Jumat petang, 28 Desember 2018 lalu. Pasalnya, hujan yang mengandung butiran es yang mengguyur wilayah tersebut disambut oleh badai puting beliung.

Akibatnya, 40 rumah warga dan satu buah sarana ibadah rusak parah lantaran hembusan angin yang menumbangkan pepohonan hingga menimpa beberapa atap rumah serta menutupi sebagian akses jalan.

Salah seorang pengurus DPW FPI Garut, Geo Lestari melaporkan sesaat setelah kejadian, sekira pukul 22:00 WIB malam, ia bersama Wakabid Jihad bergerak untuk melakukan investigasi dari rumah per rumah, serta berkoordinasi dengan warga setempat perihal kondisi yang terjadi.

“Keesokan harinya, pada Sabtu (29/12/2018), kami bersama Panglima dan para laskar DPW FPI Garut melakukan aksi pembersihan berbagai material serta pepohonan yang bertumbangan sehingga menutup akses jalan, bahkan pula ada juga yang menimpa beberapa atap rumah,” terang Geo, saat dikonfirmasi media HILMI-FPI, Sabtu malam (29/12/2018).

Berbagai kerusakan yang nampak saat ini adalah pecahnya genteng-genteng rumah warga, tertutupnya akses jalan akibat tumbangnya pepohonan. Alhamdulillah, saat ini semuanya dalam penanganan relawan HILMI-FPI yang sigap membantu warga untuk membersihkan pepohonan yang menimpa atap rumah warga.

“Namun, disini kami masih kesulitan lantaran kuranya peralatan. Kami mohon kepada para donatur untuk bisa menyumbangkan untuk pembelian gergaji mesin untuk memudahkan pengerjaan pembersihan pohon-pohon yang tumbang yang menghalangi akses jalan,” keluhnya.

Menurut Geo, Desa Tanjung Karya merupakan cikal-bakal terbentuknya DPW FPI Kabupaten Garut. Bahkan katanya, Kepala Desa saat ini, merupakan mantan ketua DPC FPI Samarang-Garut yang rumahnya juga mengalami terpaan angin puting beliung. “Sehingga boleh dibilang, Desa Tanjung Karya adalah Kampung FPI,” tegasnya.

Desa Tanjung Karya merupakan salah satu desa sering dikunjungi oleh para peziarah, dikarenakan lokasi ini terdapat sebuah Makam Syekh Fatah Rahmatullah. “Alhamdulillah, lokasi Makam dan sekitarnya aman dari bencana,” pungkasnya.

Kabarnya, BPD setempat berencana untuk merenovasi rumah-rumah warga yang mengalami kerusakan akibat tertimpa pepohonan.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bakti Sosial / Relawan HILMI-FPI Garut Bantu Bersihkan Pohon Tumbang
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

One thought on “Relawan HILMI-FPI Garut Bantu Bersihkan Pohon Tumbang”

Comments are closed.