DPD HILMI-FPI Sumatera Utara memberikan bantuan material untuk sarana ibadah Masjid At Taqwa, Tanah Karo-Sumatera Utara

DPD HILMI-FPI SUMUT Gelar Bakti Sosial ke Tanah Karo

Hilal Merah Indonesia, TANAH KARO – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) HILMI-FPI Sumatera Utara (SUMUT), kembali menggelar aksi sosial di wilayah Tanah Karo. Kali ini, para punggawa HILMI SUMUT tersebut menggelontorkan bahan material yang disumbangkan untuk Masjid At-Taqwa yang berlokasi di Desa Lingga, Kecamatan Kabanjahe-Sumatera Utara.

Ketua DPD HILMI-FPI SUMUT, Husni Hasan mengatakan Masjid ini cukup besar untuk sebuah kota yang mayoritas penduduknya bukan Muslim. Penduduk asli kabupaten Karo, menurut Husni, merupakan suku Batak Karo atau suku Karo yang sebagian besar menganut agama Kristen Protestan.

“Sebagian lainnya adalah penganut Islam dan Katholik. Jika diprosentasikan, 85% penduduknya mayoritas nasrani. Inilah yang kemudian membuat kami berupaya untuk membantu warga muslim Karo untuk memakmurkan sarana ibadah mereka,” papar Husni, kepada media HILMI-FPI, Selasa (18/12/2018).

Masjid At Taqwa memiliki luas area lebih kurang 400 meter persegi. Dengan demikian, masjid ini tentu dapat menampung sebanyak 150-an jama’ah, yang terbagi atas 80 jama’ah laki-laki dan 70 jama’ah perempuan.

“Untuk Masjid At Taqwa ini, bantuan material yang berhasil kami gulirkan diantaranya, semen sebanyak 200 sak, batu bata 10.000 buah, seng 50 lembar dan triplek dengan tebal 6 mm berjumlah 30 lembar,” ungkap Husni.

Usai memberikan sumbangsih untuk sarana ibadah di Tanah Karo, DPD HILMI-FPI Sumatera Utara kemudian menelusuri Desa Lingga yang konon di wilayah tersebut terdapat makam para aulia, salah seorang pejuang muslim pertama di Tanah Karo, dua abad silam.

“Benar, kami berhasil menemukan sebuah situs bersejarah yang diketahui merupakan makam seorang pejuang muslim Tanah Karo. Beliau bernama Syekh Tengku Abdul Hamid, beliau diberi gelar Laubahun (bisa menciptakan air),” sambung Habib Hud Alattas, Ketua DPD FPI SUMUT.

Habib Hud juga meyakini bahwa karomah beliau (Syekh Tengku Abdul Hamid) dapat menyembuhkan berbagai penyakit yang diderita warga Tanah Karo. Sehingga, banyak dukun yang merasa iri, bahwa beliau sanggup mengobati satu kampung, sehingga beliaupun akhirnya dibunuh.

“Rencananya ke depan kami (DPD HILMI-FPI SUMUT) akan merenovasi pagar makam. Kemudian kita juga akan menerjunkan beberapa relawan untuk membantu pemugaran makam tersebut, hingga menjadi sebuah situs bersejarah agar diketahui umat muslim, khususnya di Sumatera Utara,” jelas Habib Hud.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bakti Sosial / DPD HILMI-FPI SUMUT Gelar Bakti Sosial ke Tanah Karo
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram