DPD HILMI-FPI NTB memberikan bantuan Al Quran dan Juz amma kepada pengajar TPQ

DPD HILMI-FPI NTB Gencar Salurkan Bantuan ke Berbagai Lokasi Terpencil

Hilal Merah Indonesia, Nusa Tenggara Barat – Aksi sosial kemanusiaan bagi para korban gempa bumi yang mengguncang Nusa Tenggara Barat (NTB) beberapa bulan lalu masih terus berjalan. Meskipun dampak traumatis, psikologis serta ekonomi masyarakat Lombok dan sekitarnya berangsur-angsur normal.

Namun, upaya pemulihan dari berbagai instansi maupun organisasi kemanusiaan masih terus dilakukan karena para korban masih butuh uluran tangan dari para dermawan. Begitupun halnya yang kini dilakukan para relawan HILMI-FPI asal NTB, mereka gencar mencari korban di titik lokasi yang masih belum terjamah bantuan kemanusiaan.

Relawan HILMI-FPI masih terus berjuang berupaya untuk menumbuhkan senyuman para korban, dengan melanjutkan misi kemanusian seperti biasanya yaitu menyuplai logistik berupa baju laik pakai, tendon (torn air) ke beberapa Desa dan Kecamatan, sejak sepekan lalu.

“Desa pertama yang kami jajaki adalah di Dusun Telok Kodek dan Teluk Nara, Desa Melaka, Kec. Pemenang. Di lokasi itu, kami menyalurkan bantuan berupa Al Quran, Juz amma untuk para santri agar mereka kembali aktif mengaji baik di Musholla, Masjid ataupun di dalam TPQ,” papar Habib Hadi Husain Binagil selaku Kepala Posko HILMI-FPI, kepada media HILMI-FPI, Rabu (28/11/2018).

Beliau mengatakan, serah-terima bantuan Al Quran dan Juz’amma sebanyak 40 buah tersebut, diwakili langsung oleh ketua DPW Lombok Utara Ustad Hamzah berserta rombongan relawan HILMI-FPI NTB.

Kemudian penyaluran bantuan berlanjut ke Dusun Papak, Desa Gondang, Kec. Gangga. Relawan HILMI-FPI NTB kembali menyumbang baju laik pakai kepada warga Desa Segara Katon yang rumahnya telah rata dengan tanah akibat gempa sehingga melenyapkan seluruh harta-bendanya.

“Tak hanya itu, kamipun bertolak menuju sebuah Desa yang tak jauh lokasinya untuk menyerahkan seperangkat sound system komplit yang ditujukan untuk Mushola Al-Muhajirin, Dusun Karang Sawin, Desa Segara Katon, Kec. Gangga,” terang Bib Hadi. Bantuan tersebut, katanya, diserahkan secara langsung oleh Pak Andi salah seorang relawan HILMI-FPI Lombok Utara kepada pengurus Mushola.

Untuk memudahkan penyaluran bantuan ke beberapa titik, para relawan dibagi menjadi 2 tim untuk pembagian logistik berupa tendon air berukuran 1100L oleh Ustad Jefry, salah seorang relawan HILMI-FPI Lombok menuju Desa Jenggal, Dusun Sebaro, Kec. Tanjung.

Jalur menuju lokasi tersebut, diklaim sangat berat sehingga kendaraan roda empat hanya bisa sampai di Gapura Desa dan selanjutnya mereka harus berjalan menggotong tendon tersebut hingga sejauh 1 km, disana terdapat sekitar 65 Kepala Keluarga yang kekurangan penampungan air bersih.

“Lalu perjalanan dilanjutkan menuju Kec. Bayan tepatnya di Desa Loloan, Dusun Montong Subuh, Kec. Bayan, di Desa ini kami menyerahkan berupa 1 karung baju laik pakai. Kami juga sedang melakukan proses pembagunan Hunian Sementara (Husen) untuk anak yatim-piatu di wilayah tersebut,” jelas Bib Hadi.

Tragisnya lagi, kata Bib Hadi, disana juga terdapat orang tua yang lanjut usia (lansia) yang kini sudah tak bisa berjalan lagi lantaran kakinya tertimpa reruntuhan puing akibat gempa di Dusun Montong Kemuning.

“Kamipun menyumbang sebuah kursi roda kepada korban yaitu Bapak Komarudin. Penyerahan itu diwakili oleh Bambang Adrian, salah seorang relawan HILMI-FPI NTB. Selain itu, kami juga menyalurkan tandon air berukuran 1100L lantaran melihat di dusun tersebut kesulitan untuk mendapatka air bersih,” tandasnya.

Tak lupa juga, HILMI-FPI NTB juga menyerahkan 40 buah kitab Al Quran serta Iqro’ yang ditujukan untuk anak-anak TPA di lokasi tersebut, agar kegitan belajar agama tetap berjalan. “Penyerahan ini diwakili oleh Aji Rahmad dan Adi, relawan HILMI-FPI asal Kediri-Lombok Barat,” tuntas Bib Hadi.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bakti Sosial / DPD HILMI-FPI NTB Gencar Salurkan Bantuan ke Berbagai Lokasi Terpencil
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram