Para anggota HILMI-FPI berhasil menjalankan Diklat tahap awal dalam metode penanggulangan bencana

DPP HILMI-FPI Gelar Diklat Tahap Awal

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hilal Merah Indonesia (HILMI) mengelar kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (DIKLAT) dalam upaya Penanggulangan Bencana kepada para anggota HILMI-FPI, di Gunung Pancar, Babakan Madang, Sentul, Bogor-Jawa Barat, pada Sabtu dan Minggu, 17-18 November 2018.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan pola pikir, kecermatan dalam bertindak, ketangguhan dalam berbuat serta tanggap darurat dalam membaca situasi dan kondisi di wilayah bencana. 

Materi yang digagas dan disampaikan oleh Ketua Pelaksana Siaga Bencana DPP HILMI-FPI, Habib Hamid Al Jufry mengusung tajuk ‘Manajemen Bencana’. Materi ini, menurut Habib Hamid merupakan metode dasar yang juga digunakan oleh beberapa instansi terkait, seperti TNI maupun organisasi siaga bencana lainnya.

Bahkan, Habib Hamid mengklaim bahwa materi ini merupakan rangkuman ilmu yang sanggup melahirkan kesuksesan pada sebuah organisasi. Dalam sebuah organisasi, para anggota dituntut untuk bisa ‘memenej’ dirinya terlebih dahulu mengenai kelebihan serta kekurangan yang dimiliki oleh mereka.

Dalam penanggulangan bencana, khususnya dalam fase tanggap darurat harus dilakukan secara cepat, tepat, dan dikoordinasikan dalam satu komando. Hal ini, menurut Habib Hamid, ditujukan agar tidak terjadi kesalahpahaman serta mencegah terjadinya sikap inisiatif yang ceroboh.

Mereka (para peserta Diklat) juga dilatih untuk selalu waspada dan siap siaga, serta mampu menghadapi situasi kritis pasca terjadi sebuah bencana. 

“Masuk di HILMI ini harus memiliki persiapan khusus baik fisik maupun mental. Jika tidak, lebih baik pulang. Karena kita gak mau mengirim tim ke satu wilayah bencana, kalau ternyata bakal menyusahkan orang lain,” tegas Habib Hamid, saat memberikan teori Manajemen Bencana, di Bogor, Sabtu malam (17/11/2018).

Artinya, metode ini menuntut para anggota untuk selalu sigap dalam kondisi apapun. “Sebab yang akan kita tolong itu nantinya adalah orang-orang yang tertimpa musibah, orang-orang yang kesusahan, serta orang-orang yang membutuhkan pertolongan,” papar Habib Hamid. 

Jadi, lanjutnya, jangan sampai malah para anggota yang justru ditolong oleh orang lain. Hal inilah yang menjadi prioritas dan menjadi dasar pemahaman untuk dapat diserap oleh para anggota HILMI-FPI. 

“Oleh karena itu wajar, jikalau dalam situasi pendeteksian alam ada istilah ‘gampar’. Fungsinya adalah untuk menyadarkan seseorang agar tidak bertindak sembrono serta teledor dalam menghadapi bencana,” tukas Habib Hamid.

Kemudian materi berlanjut pada soal Penanggulangan bencana. Dalam materi ini terbagi atas 4 bagian yaitu; Tanggap Darurat, Pasca Bencana yang mencakup kegiatan pemulihan, Rehabilitasi serta Rekonstruksi.

Ketidaksiapan dalam penanganan serta ketidakjelasan informasi dalam kondisi darurat bencana dapat menghambat penanganan kondisi darurat bencana. Situasi dan kondisi seperti ini, kata Habib Hamid, disebabkan oleh belum terciptanya mekanisme kerja Tanggap Darurat yang baik. 

Keberadaan sistem yang baik, akan memudahkan akses untuk memerintahkan sektor dalam hal permintaan dan pengerahan sumberdaya manusia, peralatan, logistik, pengadaan barang, pengelolaan dan pertanggungjawaban atas uang dan atau barang, bahkan hingga penyelamatan korban.

“Nah, kita harus bisa mencermati poin-poin tersebut. Bagaimana sikap kita dalam menghadapi tanggap darurat, pemulihannya seperti apa, recovery dalam bentuk apa, serta perbaikan atau rekonstruksi pasca bencana,” tuntasnya. 

Keesokan harinya, pada Minggu (18/11/2018) para peserta Diklat diajarkan tentang bagaimana cara menyimpul tali-temali. Terdapat beberapa macam simpul temali yang mesti dikuasai oleh masing-masing peserta. Praktek ini dilakukan sebagai bekal mereka saat dibutuhkan evakuasi korban.

Usai semua berhasil dilakukan, seluruh peserta kemudian diberikan sebuah penghargaan berupa pin serta slayer (kain penutup kepala) dari HILMI sebagai tanda keberhasilan mereka dalam menempuh ujian dasar.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Berita / DPP HILMI-FPI Gelar Diklat Tahap Awal
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram