Masjid Ar-Rahman Akhirnya Diresmikan

Hilal Merah Indonesia, SUMATERA UTARA – Setelah memakan waktu lebih kurang empat bulan perenovasian yang dilaksanakan oleh TNI Kodim 0203 Langkat bersama Front Pembela Islam (FPI) Langkat dan elemen masyarakat lainnya, akhirnya masjid bersejarah yang berlokasi di Kelurahan Bingai Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, provinsi Sumatera Utara diresmikan.

Peresmian dilaksanakan bertepatan dengan acara penutupan kegiatan Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) TNI di Langkat Sumatera Utara, pada Selasa (13/11/2018) lalu, di pelataran masjid Masjid Ar-Rahman usai sholat dzuhur berjamaah dan dihadiri oleh para pejabat TNI, di antaranya Dandim 0203 Langkat, Kasdam I BB, para Danramil dan anggota TNI di jajaran Kodim 0203 Langkat.

Turut hadir pula para tokoh masyarakat, para pimpinan Kesultanan Melayu Langkat, MUI Kabupaten Langkat, para  tokoh ormas, muspika, para pengurus DPW FPI dan LPI Langkat, serta ormas kepemudaan FKPPI yang juga senantiasa memberikan berkontribusi selama proses perenovasian.

Suasana haru turut menyelimuti acara persemian tersebut. Hal itu terlihat pada setiap kata sambutan yang disampaikan oleh para tokoh yang didaulat. Bukan tanpa sebab, hal itu tersirat misalnya manakala Letkol (Inf) Deni Eka Gustian selaku Dandim 0203 Langkat menyampaikan kata sambutannya.

Menurut Dandim 0203 Langkat, perasaan haru dan bahagia karena selama empat bulan pelaksanaan kegiatan perenovasian Masjid Ar-Rahman diwarnai dengan kesulitan dan tantangan. Terlebih tanpa dukungan dari pemerintah kabupaten Langkat, yang sudah selayaknya terdepan dalam memberi dukungan moril, sprituil dan materiil dalam kegiatan ini.

Buah manis ini tak luput dari peran serta kepedulian dan kerjasama antara elemen masyarakat yang terlibat. Hingga halangan apapun dapat dilalui, sehingga perenovasian masjid dapat terlaksana dengan baik.

Di akhir sambutannya Dandim 0203 Langkat menyampaikan pesan moral yang menyentuh, “Kegiatan ini adalah amal ibadah bagi saya, walaupun sangat kecil. Tapi saya ingin masuk syurga. Biarlah saya masuk syurga, walaupun di syurga hanya laksana sebagai tukang rumput atau pencuci piring!”

Apresiasi juga turut diberikan para pimpinan Kesultanan Melayu Langkat, yang menyampaikan pesan kekaguman atas kinerja TNI bersama FPI dan elemen masyarakat lainnya.

Di sisi lain Ustadz Riza Azhari selaku Ketua DPW FPI Langkat menuturkan, “FPI akan terus berupaya untuk meningkatkan kegiatan ummat dan kepemudaan di Masjid Ar-Rahman. Terutama kegiatan pengajian kitab, kegiatan yang bersifat momentum, dan rutinitas sehari-hari di masjid ini. Dan kita berharap agar ke depannya nanti Masjid Ar-Rahman yang merupakan aset sejarah masuknya Islam ke bumi Langkat, negeri yang bertuah ini, bisa menjadi ikon wisata religi di Langkat, Sumatera Utara,”

Ustadz Riza juga menambahkan agar semaksimal mungkin hal tersebut dapat dipergunakan untuk keperluan ibadah dan kegiatan-kegiatan syi’ar Islam. Untuk itu masyarakat dapat menggunakan serta merawatnya dengan baik, hingga bisa diwariskan kepada generasi berikutnya untuk kepentingan ibadah serta menjadi bahagian sarana menjalin hubungan ukhuwah islamiah di Langkat Sumatera Utara.

Kini wajah Masjid Ar-Rahman terlihat jauh lebih indah dari sebelumnya. Pemandangan itu terlihat dari mulai beranda masjid dengan halaman yang kini telah dilapisi paving blok yang tersusun rapih.

Tidak hanya itu, penambahan fasilitas masjid seperti kamar mandi dan tempat berwudhu pun diwujudkan dalam perenovasian. Sajadah, pengeras suara, puluhan kitab mushaf Al Qur’an dan lainnya juga turut ditambah dan digantikan dengan yang baru. (RG)

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Berita / Masjid Ar-Rahman Akhirnya Diresmikan
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram