Sekretaris Daerah (sekda) DPD HILMI-FPI Riau, Budi Prazto bersama para warga menyerahkan bantuan material untuk merenovasi Masjid

Ini Laporan Terupdate Relawan HILMI-FPI Riau di NTB

Hilal Merah Indonesia, NTB – Program revitalisasi dan renovasi khusus Masjid dan Musholla yang tersebar di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB), sudah mencapai titik finish. Setidaknya, terdapat 9 Masjid yang menjadi sasaran target DPD HILMI-FPI Riau bersama para relawannya.

Pasca gempa bumi yang melanda NTB beberapa bulan lalu, Sekretaris HILMI-FPI Riau, Budi Prazto, beserta para tim langsung menginvestigasi keberadaan Masjid serta Musholla yang menjadi prioritas untuk diberikan bantuan.

Catatan awal yang dilaporkan Budi kepada media HILMI-FPI terdapat 8 Masjid dan Musholla, namun setelah kembali menyurvei lokasi lain tepatnya di Dusun Bilok Petung, Sembalun-Lombok Timur, Budi mendapatkan sasaran target prioritas, yaitu Musholla Al Amiin.

“Bantuan yang kami berikan untuk Musholla ini adalah bahan-bahan material yang digunakan untuk membangun atap Musholla yang hancur terkena gempa,” jelas Budi.

Sementara itu, lanjut Budi, beberapa Masjid dan Musholla lainnya yang hingga kini masih dalam tahap pemugaran dan rekonstruksi sudah mulai mencapai titik terang. Beberapa diantaranya sudah bisa digunakan sebagai sarana ibadah.

“Dari 9 Masjid dan Musholla yang kita bantu pemugaran serta materialnya, 8 diantaranya sudah bisa digunakan warga untuk beribadah. Namun, saya masih belum mendapatkan kabar terupdate soal Masjid Istiqomah yang berlokasi di Dusun Papak, Desa Genggelang, Kec. Gangga, Lombok Utara,” jelas Budi.

Jadi, lanjutnya, masih ada 1 Masjid lagi yang belum terealisasi. Padahal, semua bahan material sudah digelontorkan. Menurutnya, Budi belum mendapatkan laporan terkini akan kondisi Masjid tersebut

“Saya juga belum tahu, kendala apa yang terjadi disana. Mungkin saja warganya masih sibuk merenovasi rumahnya masing-masing, jadi belum sempat memugar sarana ibadahnya,” kata dia. 

Hal senada juga disampaikan oleh Faisal Yasri, selaku relawan HILMI-FPI asal Dumai-Riau. Menurutnya, pasca keberangkatan tim HILMI-FPI Riau ke Jakarta beberapa Masjid dan Musholla yang menjadi sasaran target sudah terselesaikan.

Khususnya di Masjid Nurul Huda yang berlokasi di Dusun Sembilan Batu, Desa Senaru, Kec. Bayan, Kab. Lombok Utara. Masjid ini, kata Faisal, sudah bisa digunakan warga untuk beribadah.

“Artinya masjid itu sudah bisa digunakan, persentasenya sekitar 80%. Sementara di Masjid Rhaodatul Iman yang berlokasi di Dusun Pawang Timpas Timur, Desa Akar-Akar, Kec. Bayan juga sudah selesai,” jelas Faisal, saat ditemui di di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Bahkan kita juga sempat berdakwah disana, kita mencoba meningkatkan ghirah masyarakat disana untuk bekerja dan bergotong-royong. Kita berupaya untuk menggerakan hati mereka untuk bisa membangun kampungnya sendiri.” tandasnya.

Sebagaimana diketahui bahwa DPD HILMI-FPI Riau telah mendelegasikan tiga orang relawannya yaitu Budi Prazto, Faisal Yasri dan Marwan Elessagaf yang bertugas untuk membantu membangun infrastruktur terutama, sarana ibadah yang terdampak bencana gempa di Lombok dan sekitarnya.

“Setelah melihat kondisi di Lombok, banyak masjid yang hancur, terbengkalai dan ditinggalkan. Akhirnya kita cuma bagi-bagi material, apa yang perlu dibantu ya kita bantu. Donasi terkumpul sebesar Rp. 100 juta itu, kita bagi-bagi ke-9 masjid dan musholla,” jelas Faisal. 

Untuk dana awal, lanjutnya, dari kota Dumai-Pekan Baru sebesar Rp. 8 juta dan yang kedua dapat Rp. 1,2 juta. “Sebelum gempa di Palu, kami sudah membuka Posko penggalangan dana di kota Dumai. Setelah Posko di Dumai kita buka, dapat kabar ada gempa akhirnya kita terbagi,” terangnya.

Kemudian, penggalangan dana pun berlanjut, hingga akhirnya Faisal dan Elessagaf dikirim ke NTB. “Untuk transportasi, biaya operasional dan lain sebagainya kita dapatkan dari para donatur dan sponsor, termasuk tiket berangkat ke NTB,” tuntasnya.

Artikel Lainnya :

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bedah Rumah / Ini Laporan Terupdate Relawan HILMI-FPI Riau di NTB

Aplikasi HILMI FPI

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram