DPW HILMI-FPI Langkat bersama Kodim 0203 Langkat, bahu-membahu dalam melakukan renovasi Masjid Ar Rahman Bingei, Langkat-Sumatera Utara

Ust. Riza Azhari Ajak Para Dermawan Turut Bersumbangsih

Aksi solidaritas yang dilakukan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) HILMI-FPI Langkat, Ustadz Riza Azhari bersama Kodim 0203 Langkat, Sumatera Utara, yang dipunggawai Letkol Inf. Deni eka Gustiana, dalam merenovasi sebuah bangunan masjid bersejarah patut menjadi tauladan.

Betapa tidak, kolaborasi ini tentunya menjadi sebuah panutan atas perjuangan serta kepedulian untuk dapat melestarikan peninggalan Tuan Syekh Bakkah, tokoh muslim di Langkat, Sumatera Utara. 

Masjid yang berlokasi di Kelurahan Bingai Kecamatan Wampu ini, konon merupakan cikal bakal penyebaran agama Islam di zaman Kesultanan Langkat, pada waktu itu. Jika saja pada tahun 1775 Masjid ini didirikan, berarti saat ini usianya sudah mencapai 243 tahun.  

Sudah tentu ini merupakan aset sejarah dan patut dilestarikan. Alhamdulillah, terhitung sejak September 2018 lalu hingga kini kegiatan pengerjaan perenovasian Masjid Ar Rahman terus dilakukan, demikian seperti disebut Ustadz Riza Azhari, Ketua DPW HILMI-FPI Langkat. 

“Kerja keras dan upaya yang dilakukan pihak Kodim 0203 Langkat dibawah komando Dandim perlu diapresiasi dan hal ini merupakan sebuah bentuk kepedulian terhadap nilai-nilai budaya dan sejarah yang sangat penting untuk anak cucu, bangsa dan negeri ini,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, kondisi masjid Ar Rahman Bingei sebelumnya mengalami pengeroposan di berbagai sudut dan ruang. Kini kondisinya sudah lebih baik dan tentunya kembali terlihat lebih kokoh dan indah. Puluhan ton kayu berkualitas pun dimanfaatkan untuk renovasi Masjid tersebut. 

Ustadz Riza juga berujar, melalui swadaya dan infaq serta bantuan dari individu personil TNI dan para Danramil dijajaran Kodim 0203 Langkat serta beberapa dermawan, hingga saat ini pemugaran serta pengerjaan paving blok terus dikerjakan. 

Ustad Riza juga berharap, keberadaan Masjid Ar Rahman Bingei harus terus dipertahankan serta diperhatikan, kemudian berbagai kegiatan ummat juga harus terus dipacu dan ditingkatkan, hingga efektivitas masjid tua tersebut bisa menjadi ikon religi dan konseptual syiar Islam dari para ulama terdahulu.

“Alhamdulillah, hingga kini kegiatan renovasi Masjid Ar Rahman sudah mencapai titik akhir. Setidaknya persentasinya sudah mencapai 90%. Pembangunan kamar mandi dan tempat berwudhu sudah selesai dan sedang diupayakan untuk melakukan pengeboran air,” jelas Riza. 

Pembuatan gapura di halaman masjid, menurut Riza, juga sudah dikerjakan dan hampir selesai. Kemudian, pengerukan serta perluasan tanah (yang dibeli dari warga) di samping masjid juga sudah dikerjakan. 

“Progres berikutnya yaitu rencana pembangunan rumah belajar kitab dan Al Qur’an. Lalu perbaikan dan perawatan serta pemugaran beberapa makam para Syekh yang ada di sekitar lokasi masjid dan yang berkaitan dengan sejarah masjid dan masuknya syiar Islam di Langkat,” sambung Riza. 

Menurut sang Ustad, pembangunan di sektor pendukung serta fasilitas Masjid juga masih dibutuhkan. Diharapkan, kepada para hamba Allah yang dermawan yang ingin turut andil dalam memberikan sumbangsihnya, bisa memberikan pengadaaan seperti Kamar mandi, tempat berwudhu, tempat belajar mengajar Al Qur’an dan kitab, Alat pengeras suara dan beberapa perangkat pendukung lainnya. 

“Insya Allah semoga kedepannya, Masjid Arrahman ini bisa menjadi ikon wisata religi yang kemudian dapat membangkitkan ghirah perjuangan serta nilai-nilai ibadah untuk melahirkan bibit generasi baru serta kembali menumbuh-kembangkan peradaban islami di bumi Langkat bertuah ini,” tuntas Riza.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Ust. Riza Azhari Ajak Para Dermawan Turut Bersumbangsih
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram