Ustad Zainuddin dan Cahyadi tengah merawat Heriyanto, penderita TBC Tulang

DPP HILMI-FPI Sumbang Donasi ke Penderita TBC Tulang

Aksi solidaritas kemanusiaan yang dilakukan relawan HILMI-FPI tak hanya terpusat pada korban bencana besar di Indonesia, tapi juga menyebar di beberapa wilayah terpencil khususnya di ‘Kota Hujan”. 

Seperti dikabarkan oleh Cahyadi, relawan HILMI-FPI Bogor yang mendapat informasi dari temannya bahwa ada salah seorang warga yang tinggal di Desa Tonjong RT 01/06, Kecamatan Tajur, Kabupaten Bogor-Jawa Barat, diduga menderita penyakit TBC Tulang selama 7 bulan.

Mendengar kabar tersebut, santri dari Ketua DPP FPI, Ustadz Shobri Lubis itupun langsung menyambangi kediaman si pasien yang diketahui bernama Heriyanto ini. Menurut Cahyadi, kondisi Heriyanto saat itu sangat memprihatinkan.  

Pasca penyakit yang menimpa dirinya, kini Heriyanto sudah tak kuasa lagi menafkahi istri dan anaknya yang masih berusia 4 bulan. Meski profesinya sebagai seorang pemulung, Heriyanto dikenal sebagai seorang ayah yang bertanggung jawab.

Awal mula cobaan itu datang menimpa dirinya, kata Cahyadi yang mendapat informasi dari ayahnya, berawal dari ‘gigitan nyamuk’ hingga menyebabkan Heriyanto seringkali mengalami kejang-kejang sehingga dia dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong, Bogor untuk dilakukan pemeriksaan secara medis.

“Untung tak dapat diraih, Malang tak dapat ditolak”, kesembuhan yang diharapkan malahan justru membuat kondisi psikis Heriyanto semakin memburuk. “Dokter telah mengklaim si Pasien menderita penyakit TBC Tulang,” kata Cahyadi.

Ikhtiar yang dilakukan keluarga sudah mencapai klimaks, namun apa daya biaya Rumah Sakit menjadi kendala utama bagi keluarga mereka. Pria kelahiran 2 Januari 1989 itupun akhirnya menjalani perawatan secara tradisional.

“Menurut keluarganya, Heriyanto sudah dibawa ke RSUD selama 3 bulan dan tidak ada hasil. Kemudian berlanjut ke RST Dhuafa selama 15 hari juga tidak menunjukkan tanda-tanda kepulihan. Akhirnya Heriyanto dirawat di rumahnya,” jelas Cahyadi. 

Lama kelamaan perutnya membesar (seperti kembung), yang kemudian terjadi infeksi ‘menganga’ pada punggung Heriyanto yang menjalar ke paha, betisnya bahkan ekor pinggulnya. 

DPP HILMI-FPI merespon usai dikonfirmasi HILMI-FPI Bogor, dan langsung menyumbang donasi sebesar Rp 2,5 juta, yang sudah dibelanjakan untuk keperluan darurat si pasien seperti kasur, paket obat P3K dan sisanya berjumlah sebesar Rp. 1,4 juta, kita berikan ke keluarganya,” kata Cahyadi, saat dikonfirmasi media HILMI-FPI, Rabu (24/10/2018).

Penyakit yang diderita Heriyanto, kata dia, mengundang simpati dari berbagai lembaga salah satunya DPP HILMI-FPI. “Selain itu dari Al-Azhar yang menyumbang donasinya sebesar Rp. 1 juta, lalu Ustadz Shobri Lubis sebesar Rp. 500 ribu, Dr. Yenny Purnama  sebesar Rp. 300 ribu serta dari BNP Rp. 1 juta,” sambungnya.

Cahyadi juga berharap, kepedulian para donatur lainnya untuk menyisihkan sebagian rezekinya agar penyakit yang diderita Heriyanto segera pulih dan bisa beraktivitas kembali menafkahi keluarganya.

Penyakit yang diderita Heriyanto, mengundang ustadz Zainuddin (rekan Cahyadi) untuk mencoba merawat luka-lukanya yang telah dipenuhi oleh ulat. “Alhamdulillah ketika ditangani selama 4 kali sudah mendingan. Kini berangsur-angsur pulih dan lukanya pun sudah mulai mengering,” kata Cahyadi.

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Pengobatan Gratis dan Bantuan Medis / DPP HILMI-FPI Sumbang Donasi ke Penderita TBC Tulang
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram