tim HILMI-FPI Sumatera Utara melakukan perjalanan darat menuju Lombok

Boyong 6 Relawan, Tim HILMI-FPI SUMUT Sambangi Kota Lombok

Hilal Merah Indonesia, LOMBOK – Partisipasi yang dilakukan oleh HILMI-FPI, telah menunjukkan sikap toleransi, bakti sosial serta kekompakkan bahkan antusiasme terhadap korban bencana di berbagai daerah guna terciptanya Ukhuwah Islamiyah

Begitu halnya yang dilakukan DPD HILMI-FPI Sumatera Utara, untuk membantu para korban gempa bumi di Lombok. Ketua DPD FPI Sumatera Utara (Sumut), Husni Hasan telah membuktikan tekad dan komitmennya untuk berangkat menuju Pulau Lombok melalui jalur darat. 

Menurut Husni, misi kemanusiaan yang diusung DPD HILMI-SUMUT awalnya adalah ke Palu-Sulawesi Tengah. Namun, setelah berkoordinasi dengan Ketua DPP HILMI-FPI, Habib Ali Husein, ternyata diarahkan ke Pulau Lombok, lantaran di Palu sudah ‘over living’ alias maksimal Laskarnya. 

Sementara donasi yang digelontorkan dari para donatur, kata Husni, sudah terfokuskan ke Palu. Jadi ada sebagian donasi untuk Lombok, namun setelah mendapat informasi dari DPD HILMI-FPI NTB, ternhyata yang dibutuhkan adalah tenaga berpengalaman.

“Kemudian kami bersegera untuk menyeleksi, merekrut beberapa anggota Laskar FPI yang berkompeten di bidang konstruksi bangunan serta pemugaran di wilayah Sumatera Utara,” papar Husni, saat ditemui media HILMI-FPI, Rabu (24/10/2018). 

Diakui Husni, keberangkatan tim HILMI-FPI SUMUT ke Lombok itupun mendadak. Mestinya, kata Husni, kepergian itu menggunakan 3 armada mobil untuk bertandang ke pusat bencana. 

“Namun tidak kami duga, ternyata di wilayah Mandailing Natal-Sumatera Utara juga mengalami bencana yakni Banjir Bandang, sehingga tim kami terpecah kembali. Akhirnya,  baik donasi maupun bantuan secara material kami alokasikan dulu ke Madina. Sementara untuk membantu korban bencana Lombok, kami fokuskan untuk awal dengan bantuan tenaga skill (tukang) untuk melakukan rekontruksi,” jelas Husni.

Kedatangan tim HILMI-FPI SUMUT ke kota Lombok mendapat sambutan hangat dari berbagai tim HILMI-FPI dari berbagai kota. Perjalanan darat yang dilakoninya selama seminggu ini ditempuhnya dengan menggunakan mobil ambulance.

Keberangkatan mereka dari kota Medan ke Lombok Alhamdulillah kita gak ada halangan ataupun hambatan kita tujuan dari Medan, Pekan Baru, Palembang, Jakarta, berkunjung ke kantor DPP HILMI-FPI sekaligus takjiyah ke rumah Habib Abdurrahman kemudian melanjutkan ke Surabaya, Bali dan terakhir ke kota ini.

“Alhamdulillah, kami akhirnya sampai juga ke kota ini dengan menggunakan mobil ambulance. Bersama 6 orang tim yang ahli di bidang merangkai baja ringan dan ahli batu dan kayu. Perlu diketahui, para relawan ini memiliki banyak pengalaman menangani bencana di berbagai daerah dan sudah tahan banting,” ungkap Husni. 

Menurutnya, untuk sementara HILMI-FPI SUMUT akan melihat apa saja kebutuhannya, barulah kemudian mengatur rencana ke tahapan berikutnya. 

“Sebagai langkah awal, kami datang menyumbang tenaga dengan merenovasi beberapa unit rumah sembari menanti koordinasi selanjutnya. Untuk kedepannya, kemungkinan kita akan menyumbangkan material,” kata dia. Husni juga berharap, kedepannya kondisi di wilayah Lombok ini akan segera normal kembali.

Artikel Lainnya :

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Boyong 6 Relawan, Tim HILMI-FPI SUMUT Sambangi Kota Lombok
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram