Dengan Keterbatasan, Relawan HILMI-FPI Bantu Gempa Sulteng

Pasca gempa yang disertai tsunami yang melanda Palu, Donggala, Sulawesi Tengah dan sekitarnya, Relawan HILMI-FPI yang sigap telah masuk lokasi bencana sejak Jumat malam (28/9/2018). Relawan HILMI-FPI yang terdiri para laskar dari DPD FPI Sulteng tersebut langsung menyisir kawasan-kawasan yang menjadi pusat gempa dan tsunami.

Informasi resmi dari lapangan pun baru dapat kami terima kemarin, karena sulitnya akses komunikasi, terutama hubungan lewat seluler. Berikut yang dapat Media HILMI laporkan dari Posko Relawan HILMI-FPI, di Jalan Pangeran Diponegoro, Palu Sulawesi Tengah, yang dikoordinir langsung oleh Ketua DPD FPI Sulteng, Ustadz Sugianto Kaimudin.

Saat ini kondisi kota Palu, Donggala dan sekitarnya sangat memprihatikan sebagian jalan masih terputus. Banyak daerah yang mana rumah-rumahnya tertimbun lumpur yang keluar dari dalam tanah saat gempa berlangsung. Sebagian besar masyarakat Kota Palu dan Donggala mengungsi ke tempat-tempat  yang lebih tinggi dan di luar rumah, akibat perasaan trauma yang mendalam. Di mana gempa masih terus terjadi walaupun berskala kecil.

Beberapa tempat terisolir dan belum dapat dijangkau. Didapati banyak mayat yang belum dapat terevakuasi. Lantaran sulitnya medan bencana dan keterbatasan alat.

Di pengungsian masyarakat hidup dengan serba keterbatasan dikarenakan seluruh toko, pasar dan pusat-pusat pembelanjaan tutup. Sebagian besar terdampak gempa dan hancur. Kesusahan warga semakin bertambah dengan guyuran hujan yang membasahi Kota Palu, di mana masyarakat harus kedinginan bernaung di tenda-tenda pengungsian.

Sepanjang ini, Relawan HILMI-FPI dalam membantu para korban bekerja dengan sekuat tenaga meski tanpa alat-alat pendukung yang memadai, terutama saat evakuasi jenazah. Relawan HILMI-FPI yang ada masih menunggu kedatangan tim lainnya malam ini (30/9/2018) dari Makassar, serta berikutnya dari Balikpapan, Banjarmasin serta dokter dari Jawa Timur.

Dalam kesempatan ini, kami Hilal Merah Indonesia Divisi Kemanusiaan Front Pembela Islam juga mengajak para dermawan yang budiman serta masyarakat luas untuk dapat meringankan beban penderitaan saudara-saudara kita yang berada di Palu, Donggala dan sekitarnya.

Bantuan dapat Anda salurkan melalui Rekening Kemanusiaan FPI, Bank Syariah Mandiri 7001440707 Kode Bank 451.

Atau bagi ingin menyumbangkan langsung, bisa dihantarkan langsung ke Sekretariat DPW FPI Poso di Kelurahan Moengko Lama Lorong depan Haji Kalla Poso dengan nomor telepon 087850414230. (KontributorPoso)

Aplikasi HILMI FPI

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram