Tim Trauma Healing HILMI-FPI Atasi Trauma Ribuan Anak

Dampak pasca gempa besar yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), tidak hanya merusak infrastruktur bangunan gedung, rumah, sekolah dan lainnya, namun juga meninggalkan beban traumatik para korban, terutama anak-anak.

Berangkat dari kepedulian yang tinggi, Divisi Kemanusiaan Front Pembela Islam (FPI), Hilal Merah Indonesia (HILMI) pun menerjunkan tim trauma healing yang tergabung dalam Tim Relawan HILMI-FPI untuk mengatasi beban psikologis anak-anak terdampak gempa di Lombok.

Di bawah koordinator Arief Septia Prayudha atau dipanggil akrab dengan Kak Yudha, tim ini bertugas melakukan stabilisasi psikis korban, menghibur, dan memberikan motivasi untuk dapat melepaskan trauma.

Menurut Kak Yudha, ada perbedaan karakteristik bencana gempa yang terjadi Lombok dengan bencana-bencana di daerah lain. Gempa Lombok terjadi secara berkala dan rutin, baik berskala kecil dan sedang, telah tercatat sebanyak ribuan kali mengguncang Pulau Seribu Masjid itu, bila merujuk laporan-laporan yang terus dirilis BMKG, hingga kini.

“Tentunya trauma ini secara otomatis menjadi trauma yang berkepanjangan. Oleh karena itu perlu pendampingan dan perlu perhatian dari kita semua. Untuk dapat memberikan motivasi dan semangat kepada adik-adik agar bisa merubah fokus mereka dari apa yang mereka lihat saat bencana gempa terjadi kepada masa depan, harapan, cita-cita dan semangat.” ungkap Kak Yudha memberikan gambaran bagimana tim trauma healing yang dijalaninya bersama asistennya Yana Rahma dan Umar Arsyad serta relawan lain dari lembaga perlindungan anak, Suci Sepengasih dan Erry Pratama Putra.

Tim yang telah bekerja sejak 20 Agustus 2018 lalu itu, telah berkeliling ke 9 sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA juga sebuah pesantren. Selain menyusur lembaga pendidikan, Tim Trauma Healing HILMI-FPI juga telah melakukan aksinya ke 11 desa untuk melakukan pemulihan trauma dengan metode bermain dan belajar dengan materi beragam, seperti tausyiah dan dongeng-dongeng anak yang inspiratif.

Hingga kini, Tim Trauma Healing HILMI-FPI telah memberikan pedampingan trauma kepada 5.506 anak-anak dan remaja.

Asupan pemulihan dengan metode hiburan juga diberikan lewat pentas atraksi para badut berkat kerjasama dengan ABI (Aku Badut Indonesia) di mana di antara pelakonnya merupakan simpatisan dari FPI.

Galeri foto kegiatan lainnya dapat dilihat di sini

Menurut Dedi Rahman pimpinan dari ABI, atau yang dipanggil setiap kali pertunjukan dengan sapaan Abi Delon, mengatakan. “Kami sangat merasa bahagia karena bisa hadir di Lombok untuk memberikan keceriaan kepada anak-anak dengan menghadiahkan suatu pertunjukan yang menarik dalam balutan hiburan yang beredukasi.”

Sambutan luar biasa pun dirasakan ABI dari masyarakat Lombok yang dalam kegiatannya bersama Tim Trauma Healing senantiasa disambut dengan suasana keceriaan dan tawa dari anak-anak korban gempa.

Bahkan dalam aksi penutupnya 11 September 2018 lalu, ABI mendapat sambutan meriah dari masyarakat pelosok Desa Dangiang, Kabupaten Lombok Utara, berkat atraksi jenaka para badut dengan berbagai karakter yang berjumlah 6 personil itu.

Malam dengan suasana penerangan seadanya, tak menyurutkan ratusan warga Desa Dangiang untuk datang berbondong-bondong memadati sebuah lahan yang disulap menyerupai tenda carnival untuk menikmati hiburan yang diisi dengan antara lain sulap dan tantangan permainan bagi warga untuk mendapatkan hadiah.

Sementara, relawan psikolog Ani Sunarni asal Bandung, Jawa Barat yang juga terlibat dalam tim mengungkapkan, selama observasinya di Lombok, apa yang dilakukan oleh Tim Relawan HILMI-FPI sudah berjalan dengan baik. Hanya saja yang belum begitu tertangani adalah kalangan dewasa.

Untuk itu pihaknya akan membentuk tim dan melakukan konseling, yang di antaranya para guru-guru di sekolah untuk menjadi agen pada tahapan program selanjutnya.

Dalam rangkaian ini HILMI-FPI juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas keikutsertaan dan kerjasama yang baik dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dan Rubyntang Foundation serta pihak-pihak lain tak dapat kami sebutkan satu-persatu. (RG)

Artikel Lainnya :

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Pengobatan Gratis dan Bantuan Medis / Tim Trauma Healing HILMI-FPI Atasi Trauma Ribuan Anak
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram