Ustadz Sugianto Kaimudin saat menyerahkan bantuan.

HILMI-FPI Terus Gulirkan Bantuan untuk Gempa NTB

Memasuki hari ke-10, sejak terjadinya gempa berskala 7 richter yang melanda Lombok dan sekitarnya sejak 5 Agustus lalu, Tim Relawan HILMI-FPI terus menggulirkan segala bantuan yang dibutuhkan para korban.

Dengan kekuatan 65 orang relawan, termasuk tim medis yang terdiri dari 2 dokter, 4 herbalis, dan 5 perawat, Tim Relawan HILMI-FPI setiap harinya berangkat dari posko induk di Dusun Karang Tal, Desa Kayangan, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, mulai pagi menyebar ke beberapa titik pengungsian untuk mendistribusikan bantuan, baik makanan dan minuman serta lainnya.

Menurut Saparudin, Koordinator Lapangan, Tim Relawan HILMI-FPI terbagi menjadi 7 Tim, yang masing-masing bertugas mengangkut dan mendistribusikan bantuan ke posko-posko pengungsian. Sedangkan tim medis yang dipimpin dr. Robi Hafidz, hanya bertugas menangani masalah medis untuk menggelar pengobatan di setiap posko-posko yang disinggahi.

Dari informasi yang kami dapatkan, hingga kini Tim Medis HILMI-FPI telah berhasil menangani lebih dari 200 orang, baik yang sakit ringan maupun berat. Untuk warga yang sakit lantaran benturan ataupun tertimpa reruntuhan, ditangani oleh para herbalis dengan bentuk pemijatan atau bentuk terapi lainnya.

Tim Relawan HILMI-FPI saat mendistribusikan bantuan.
Tim Relawan HILMI-FPI saat mendistribusikan bantuan.

Seperti yang dilakukan Ustadz Rahmat, seorang relawan tabib dari Markaz Syariah Mega Mendung, per hari Rabu (15/8) ini telah melakukan pengobatan ke beberapa wilayah yang mencakup, Desa Salut, Desa Lokomandi, Desa Kayangan dan Desa Gumantar.

Sementara penyaluran logistik bantuan menurut Ustadz Sugianto Kaimudin, salah satu ketua tim rombongan dari FPI Poso mengatakan, Tim Relawan HILMI-FPI membagikan logistik ke 5 titik posko di wilayah Desa Gumantar, Dusun Bele, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara.

Tim Medis HILMI-FPI saat memberikan pelayanan medis.
Tim Medis HILMI-FPI saat memberikan pelayanan medis.

Titik posko tersebut masing-masing: Posko 1 yang terdiri dari 112 kk, 530 jiwa. Di Posko 2 Desa Gumantar, Dusun Tenggorong, jumlah kk 18, jumlah jiwa 68. Di Posko 3 Desa Gumantar, Dusun Gumantar terdiri 14 kk, 67 jiwa.

Di Posko 4 Dusun Pawo Gading,ber jumlah 15 kk, jumlah jiwa 46. Dan di Posko 5 Dusun Gumantar, terdiri 10 kk dan 32.

Masing-masing posko umumnya disalurkan bantuan berupa: beras, air mineral, minyak goreng, teh, gula, mie instan, sarung, handuk, selimut, baju layak pakai, sendal. Alat keperluan mandi, seperti, sabun, pasta gigi, dan sampo. Tak ketinggalan pula pampers untuk balita. Juga pembalut wanita.

Membantu dengan pendekatan spiritual.

Tidak hanya sekedar membantu Tim Relawan HILMI-FPI juga melakukan pendekatan emosional dan spiritual guna memberi dukungan kekuatan, hiburan serta doa, agar para warga yang dirudung musibah tetap tabah menghadapinya.

Hal tersebut disambut warga dengan senang hati, bahkan tak sedikit yang merasa terharu atas sikap yang dilakukan Tim Relawan HILMI-FPI. Selain merasa diperhatikan penuh, mereka umumnya merasa layaknya menjadi bagian keluarga yang saling mengasihi.

Seperti yang dilakukan Ustadz Sugianto Kaimudin, di tengah kunjungannya di posko pengungsian melakukan penghiburan kepada anak-anak kecil yang secara psikis paling rentan mendapat guncangan kejiwaan. Sambil membagi-bagikan makanan kecil, seperti permen atau biskuit dengan penuh canda, Ustadz Sugianto juga merasa tersentuh, kala hal itu disambut penuh riang oleh anak-anak. Jauh dari kesan mereka sedang menghadapi musibah besar.

Foto kegiatan lainnya dapat dilihat di sini.

Tak segan pula, Ustadz Sugianto mengajak para korban untuk melakukan doa bersama agar bencana ini cepat berakhir. Meski beberapa kali guncangan gempa susulan kerap masih terjadi.

Dan di tengah kondisi yang masih jauh dari pulih dan rehabilitasi bencana yang masih terlihat minim, Tim Relawan HILMI-FPI akan terus berada di lokasi dan terus berupaya membantu semaksimal mungkin apa yang selayaknya dapat dilakukan. (RG)

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / HILMI-FPI Terus Gulirkan Bantuan untuk Gempa NTB
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram