FPI dan Dandim Langkat Kerjasama Selamatkan Masjid Bersejarah

DPW FPI Langkat dan Dandim 0203 Langkat melakukan kerjasama untuk menyelamatkan masjid tua peninggalan Kerajaan Melayu di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Adalah Masjid Ar-Rahman di Kelurahan Bingei, Kecamatan Sei Wampu, masjid yang telah berusia sekitar 243 tahun itu, kini dalam ancaman rusak akibat abrasi Sungai Wampu.

Rombongan FPI dan Dandim Langkat saat meninjau lokasi Masjid Ar-Rahman.
Rombongan FPI dan Dandim Langkat saat meninjau lokasi Masjid Ar-Rahman.

Menurut Ustadz Riza Azhari selaku Ketua FPI Langkat, masjid itu mulai dibangun oleh Tuan Syekh Abd Jabbar dan Tuan Syekh Abd Wahab Rokan tahun 1775, yang juga merupakan bagian pusat penyebaran Islam di tanah Langkat.

Melihat keprihatinan tersebut, rombongan DPW FPI Langkat dan Dandim 0203 mengadakan kunjungan ke Masjid Ar-Rahman, pada Kamis, (12/7/2018) untuk mengadakan pengamatan dan melihat dari dekat kondisi masjid.

Masjid berbentuk rumah panggung dengan material mayoritas kayu tersebut diketahui rusak di beberapa bagian, terutama kondisi kayu banyak yang telah keropos.

Sebagai bentuk upaya penyelamatan dalam waktu dekat FPI Langkat dan Dandim 0203 Langkat serta dukungan tokoh-tokoh  adat setempat berencana merenovasi Masjid Ar-Rahman. Dan tidak itu saja, Ustadz Riza Azhari juga mengatakan, akan meningkatkan fungsi masjid sebagai tempat pendidikan Islam seperti tempat mengaji dan belajar kitab serta tahfizh Qur’an.

Para laskar FPI saat membersihkan masjid dan areal sekitarnya.
Para laskar FPI saat membersihkan masjid dan areal sekitarnya.

Sebagai salah satu situs bersejarah, ke depan Ustadz Riza Azhari juga berharap Masjid Ar-Rahman akan menjadi salah satu tempat kunjungan wisatawan, “Konsep wisata religi dan ekonomi kreatif masyarakat adat Melayu setempat akan kita upayakan dan kita bangkitkan.” begitu pesan penutupnya. (RG)

Foto-foto lainnya dapat dilihat di sini: http://hilalmerahindonesia.org/album-4183-fpi-dan-dandim-langkat-kerjasama-selamatkan-masjid-bersejarah.html

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bakti Sosial / FPI dan Dandim Langkat Kerjasama Selamatkan Masjid Bersejarah
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram