Suasana posko-posko mudik HILMI-FPI di berbagai daerah.

Semarak Posko Mudik Lebaran HILMI-FPI 2018

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Front Pembela Islam (FPI) bersama sayap juang terutama Hilal Merah Indonesia (HILMI) membuka posko-posko mudik lebaran yang tersebar di berbagai daerah, guna membantu masyarakat yang hendak bermudik ke kampung halamannya masing-masing. Sekaligus hal ini dilakukan sebagai bentuk partisipasi FPI dalam membantu pemerintah mengatur arus mudik yang menjadi agenda dan budaya nasional setiap tahunnya.

Layanan medis, pijat refleksi dan bekam yang ada di posko-posko mudik lebaran HILMI-FPI.
Layanan medis, pijat refleksi dan bekam yang ada di posko-posko mudik lebaran HILMI-FPI.

Tersebar hampir di seluruh pulau Jawa, yang menjadi pusat konsenstrasi arus mudik mengalir serta beberapa tempat di luar Jawa, posko-posko mudik lebaran HILMI-FPI umumnya didirikan secara swadaya baik dari tingkat DPW, maupun tingkat DPC yang ada di setiap daerah. Kesemuanya mempunyai keragaman bentuk, fasilitas dan pelayanan.

Mulai dari fasilitas tempat istirahat, lahan parkir, tempat shalat, penyediaan makan dan minum, obat-obatan hingga bentuk pelayanan khusus seperti pijat refleksi, bekam hingga service kendaraan bagi pemudik. Kesemuanya diberikan secara ikhlas dan gratis.

Menerjunkan sekitar 30 hingga 60 laskar dan relawan yang bekerja secara bergiliran pagi, siang dan malam, posko-posko mudik lebaran HILMI-FPI selain bersinergi dengan aparat kepolisian juga bekerjasama dengan rumah-rumah sakit di sekitar posko-posko berada, guna keperluan evakuasi, khususnya bagi pemudik yang mengalami kecelakaan lalu-lintas.

Selain menerjunkan laskar, posko-posko mudik HILMI-FPI juga mengikut sertakan Mujahidah Pembela Islam (MPI). Para laskar wanita ini umumnya bertugas pada sesi pagi hingga sore. Selain MPI juga melibatkan Badan Anti Teror Front (BATF) untuk kepeRluan pengamanan. Dan Lembaga Informasi Front (LIF) untuk sesi peliputan berita juga media HILMI TV milik Hilal Merah Indonesia.

Posko-posko mudik lebaran HILMI-FPI umumnya beroperasi secara fulltime 24 jam. Beroperasi sejak awal musim mudik pada Jumat, 8 Juni 2018 lalu, hingga berakhirnya musim mudik pada arus balik sekitar H+7. Dan setiap posko dikoordinasikan oleh petugas penanggungjawab posko.

Layanan service kendaraan yang juga ada di posko mudik lebaran HILMI-FPI.
Layanan service kendaraan yang juga ada di posko mudik lebaran HILMI-FPI.

Rutinitas posko-posko berjalan mulai pagi hari, mulai dari mengatur arus lalu lintas yang melintas di depan posko, melayani pemudik yang singgah untuk sekedar meredakan lelah, hingga yang mengalami sakit atau kecelakaan lalu-lintas. Dalam hal ini, setiap posko mempunyai tim medis khusus hingga ahli terapi.

Rutinitas padat biasanya terjadi saat menjelang maghrib. Di mana setiap posko mulai sibuk mempersiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa (takjil) bagi para pemudik. Baik yang melintas maupun yang singgah ke dalam posko.

Dengan model menjemput bola, para laskar, relawan serta mujahidah mulai berjajar di sisi-sisi jalan guna menawarkan makanan dan minuman kepada para pemudik yang melintas.

Pemudik sangat antusias dengan keberadaan posko-posko mudik lebaran HILMI-FPI tahun ini. Mereka umumnya senang singgah ke dalam posko untuk beristirahat meredakan lelah. Terlebih mereka teringankan beban penat perjalanan dengan adanya pijat maupun bekam yang disediakan posko.

Sebagai bukti apresiasi masyarakat, mereka mengabadikan kunjungan mereka dengan membubuhkan tanda tangan di atas buku tamu yang disediakan setiap posko. Serta ucapan-ucapan terima kasih yang mengalir dalam sesi wawancara kepada tim peliputan berita HILMI-FPI.

Selain itu, banyak juga pihak-pihak lain memberikan apreasiasi keberadaan posko-posko lebaran HILMI-FPI dengan menyumbangkan donasi berupa obat-obatan maupun makanan dan minuman. Baik secara pribadi maupun kelembagaan.

Kunjungan DPP HILMI ke posko-posko mudik, dipimpin langsung Ketua Umum HILMI, Habib Ali Al Hamid.
Kunjungan DPP HILMI ke posko-posko mudik, dipimpin langsung Ketua Umum HILMI, Habib Ali Al Hamid.

Dari catatan Tim Media HILMI, sekitar 300-500 paket takjil dibagikan kepada para pemudik setiap harinya. Mulai dari kurma, air mineral, teh manis hangat, kopi, kue, mie instan hingga es buah segar dibagikan secara cuma-cuma.

DPP Hilal Merah Indonesia (HILMI) terutama Koordinator Posko Mudik Lebaran 2018 HILMI-FPI, Eko Purnomo sangat mengapresiasi keberadaan posko-posko mudik yang ada. Mengucapkan terima kasih yang mendalam atas bakti dan kerja keras para laskar yang berada di lapangan. Bahkan secara khusus rombongan tim DPP HILMI, yang dipimpin langsung Ketua Umum, Habib Ali Al Hamid meninjau secara khusus ke beberapa posko yang ada, Minggu malam, (10/6/2018) lalu.

“Apa yang mereka lalukan (para laskar dan relawan) sungguh luar biasa. Mereka bekerja secara ikhlas pagi hingga malam tiada henti untuk mambantu masyarakat.” Ujar Habib Ali Al Hamid.

Habib Ali juga menambahkan, apa yang dilakukan laskar dan relawan akan menjadi ladang pahala yang tak terhingga. Menjadi kemuliaan di hadapan Allah subhanahu wa ta’ala.

Hingga berita ini diturunkan, kesibukan posko-posko lebaran HILMI-FPI masih terus berlangsung. Terutama kesigapan menghadapi puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada hari ini dan esok.

Berikut rangkuman foto-foto kegiatan posko-posko mudik yang kami rangkum dari berbagai daerah, di antaranya: Bekasi, Ciamis, Bandung, Indramayu, Garut, Cianjur, Brebes, dan Tegal.


Lihat di sini: http://hilalmerahindonesia.org/album-4182-semarak-posko-mudik-lebaran-hilmifpi-2018.html

(Rizal Gurouw dan berbagai sumber posko mudik HILMI-FPI)

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bakti Sosial / Semarak Posko Mudik Lebaran HILMI-FPI 2018
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

Comments are closed.