HILMI-FPI Renovasi Majelis Taklim bagi Anak-Anak

Hilal Merah Indonesia – Adalah Majelis Taklim Al Fattah, yang berada di jalan Otista 82, Tanjung Lengkong RT 009, RW 07, No. 61, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Terletak di pemukiman padat dan tak jauh dari keberadaan sungai Ciliwung yang melintasi daerah tersebut.

Bangunan yang sesungguhnya merupakan tempat tinggal milik dari pasangan suami-isteri Tubagus M. Zein Fachri (52) dan Siti Zuhriyah (45), yang sengaja mendedikasikan tempat tinggalnya sebagai tempat belajar Al Quran dan kegiatan keagamaan lainnya.

Habib Ali Al Hamid, Ketua DPP HILMI saat meninjau keberadaan Majelis Taklim Al Fattah. (insert) kanan Tubagus M. Zein Fachri  pemilik rumah sekaligus majelis taklim.
Habib Ali Al Hamid, Ketua DPP HILMI saat meninjau keberadaan Majelis Taklim Al Fattah. (insert) kanan Tubagus M. Zein Fachri  pemilik rumah sekaligus majelis taklim.

Istimewanya, Siti Zuhriyah sang isteri juga melibatkan 2 orang anaknya, Siti Zahra (15) dan Siti Zaenab (14) untuk mengajar. Teristimewa pula setiap murid-murid yang belajar di Majelis Taklim Al Fattah tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Habib Ali Al Hamid, Ketua DPP HILMI saat meninjau keberadaan Majelis Taklim Al Fattah. (insert) kanan Tubagus M. Zein Fachri  pemilik rumah sekaligus majelis taklim.

Majelis Taklim Al Fattah yang berdiri sejak tahun 2015 tersebut, awalnya hanya memiliki 5 orang murid, lambat laun hinggal kini berjumlah 25 orang yang umumnya anak-anak kecil 5-15 tahun yang merupakan warga sekitar.

Suasana proses perenovasian majelis.
Suasana proses perenovasian majelis.

Majelis Taklim yang beroperasi 5 hari dalam sepekan ini, selain diisi belajar Quran, pelajaran mengenal Hadist, hafalan doa-doa, Shirah, Akhlaqul Banin, Maulid Simtuduror dan lainnya. Semua kegiatan, dimulai usai shalat maghrib hingga pukul delapan malam.

Menurut Tubagus M. Zein selaku penasehat dalam majelis taklim ini, rumah yang ia tinggali bersama keluarga merupakan peninggalan orangtuanya sejak dekade tahun 1970an. Dan belum tersentuh perbaikan sekalipun hingga kini. Praktis, bangunan secara fisik terlihat rapuh termakan usia. Terlebih, seringnya banjir yang menerpa kawasan tersebut menambah kerusakan di beberapa bagian. Sehingga dikhawatirkan dapat menimpa murid-murid yang sedang belajar

Mendengar kondisi tersebut dari laporan masyarakat, Hilal Merah Indonesia (HILMI) tergerak membantu untuk merenovasi. Tak tak butuh lama, sejak Senin, (14/5/2018) proses perenovasian telah dimulai. Melibatkan beberapa laskar DPRa FPI Tanjung Lengkong dan ahli tukang bangunan.

Selain merenovasi bangunan, HILMI-FPI juga merubah sebuah sumur tua yang berada di bagian dalam belakang rumah dengan mesin air. Selain dinilai berbahaya bagi keselamatan anak-anak murid, juga untuk menambah kepraktisan penggunaan air, khususnya untuk berwudhu.

Menelan dana total sebesar 7 juta rupiah, semantara dana bantuan baru terwujud 3 juta rupiah. Dan telah terpakai dalam proses perenovasian yang berjalan.

Mengingat keberadaan Majelis Taklim Al Fattah, sangat diperlukan bagi warga, terlebih memasuki bulan Ramadhan akan dipergunakan untuk shalat tarawih dan pesantren kilat, HILMI-FPI berencana menyesaikannya dalam 3-4 hari ke depan.

Untuk itu, Hilal Merah Indonesia dalam hal ini, mengetuk pintu hati para dermawan guna membantu perenovasian ini. Kiranya juga dapat melebihkan apa-apa yang menjadi kebutuhan dalam majelis taklim tersebut.

Silahkan salurkan bantuan dan donasi Anda melalui Rekening Kemanusiaan FPI: BSM 7001440707 Kode Bank 451. Atau dapat melalui halaman kontak kami pada website kami. (RG)

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Bedah Rumah / HILMI-FPI Renovasi Majelis Taklim bagi Anak-Anak
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram