Progres Pembangunan 30 Rumah untuk Mualaf Poso

Hilal Merah Indonesia – Tim Dakwah DPW FPI Poso, kembali menembus pedalaman Wana, Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-Una, Poso, Sulawesi Tengah, (2/5/2018) lalu, untuk melanjutkan pembangunan 30 rumah yang diperuntukan para mualaf hasil binaan Tim Dakwah DPW FPI Poso di bawah pimpinan Ustadz Sugianto Kaimudin.

Mengendarai sebuah hardtop, Ustadz Sugianto yang ditemani belasan laskar harus menempuh perjalanan panjang dan melelahkan. Tak sedikit aral melintang menghadang tiap langkah perjalanan.

Tim Dakwah DPW FPI Poso, saat mengangkut lembaran-lembaran seng dan material lainnya.
Tim Dakwah DPW FPI Poso, saat mengangkut lembaran-lembaran seng dan material lainnya.

Medan yang sangat ekstrim dimulai dengan membelah sungai Bongka, yang arusnya begitu deras, penuh bebatuan dan kedalaman air yang kadang tak terduga. Ditambah guyuran hujan dengan intensitas yang tinggi.

Lembar-lembar seng yang diangkut dengan hardtop tadi, beberapa kali terperosok ke dalam kubangan lumpur. Perjalanan yang telah dicapai 9 km dari awal keberangkatan itu pun harus terhenti. Tim harus melanjutkannya hanya bisa mengandalkan berjalanan kaki.

Selanjutnya, Tim meniti perjalanan darat melalui tebing-tebing batu, mendaki bebukitan, dan membelah hutan belantara masih dalam guyuran deras hujan. Berkubik-kubik batang kayu besar pun harus dipanggul selanjutnya harus dialirkan ke aliran sungai lainnya.

Mengemban sarat lelah, dan tenaga yang nyaris tak tersisa, Tim memutuskan untuk beristirahat pada sekitar pukul tujuh malam dengan persediaan logistik makan dan minum yang minim. Dalam kukungan gelap pekat alam liar hutan Sadame, Tim pun beristirahat dengan alas seadanya. Di atas dingin tanah, walau hanya sesaat.

Usai menempuh perjalanan kaki kembali, akhirnya Tim Dakwah DPW FPI Poso tiba di lokasi pada pukul setengah sepuluh malam.

Pagi harinya, Tim langsung menjalani proses pembangunan rumah. Tiang-tiang kerangka pun secara perlahan didirikan dalam iringan hikmad doa, diharapkan keberkahan terserap pula di tanah Kampung Hidayah, sebuah nama pemberian dan buah perhatian dari Imam Besar Habib Rizieq Syihab.

Tim Dakwah DPW FPI Poso, saat mengangkut lembaran-lembaran seng dan material lainnya.

Belasan laskar bersatu padu dengan warga, bahu membahu berkerja bergotong-royong. Di satu sisi memotong kayu, di sisi lain memasang atap. Di sisi lain mengerjakan proses lainnya.

Menurut Ustadz Sugianto Kaimudin, selaku Ketua DPW FPI Poso, meski menjadi kendala, guyuran hujan tak menyurutkan Tim untuk berhenti bekerja. Tim tetap menyelesaikan untuk menyesuaikan rencana yang telah ditentukan.

Hingga kini telah berdiri 5 unit rumah, 2 di antaranya telah berhasil dipasangi atap seng. Ustadz Sugianto juga memohon doa dan dukungan masyarakat agar semua proses pembangunan berjalan lancar.

Misi pembangunan rumah bagi para mualaf ini pun masih banyak membutuhkan dana. Untuk itu, baik Tim Dakwah DPW FPI Poso dan Hilal Merah Indonesia (HILMI) kembali mengetuk hati para dermawan dan donatur untuk membantunya.

Silahkan salurkan bantuan dan donasi Anda melalui Rekening Kemanusiaan FPI: BSM 7001440707 Kode Bank 451. Atau dapat melalui halaman kontak kami pada website ini.

Semua gambaran itu, pembaca dapat saksikan dalam video di bawah ini yang berhasil Tim rekam.(RG/Kontributor Poso)

Aplikasi HILMI FPI

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram