Pemkab Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Rohingya melalui HILMI

Hilal Merah Indonesia – Pemerintah Kabupaten Sukabumi berhasil mengumpulkan dana 779 juta rupiah, untuk membantu warga Rohingnya yang masih dirudung duka. Bantuan tersebut diserahkan langsung kepada Ketua DPP Hilal Merah Indonesia (HILMI), Habib Ali Al Hamid, yang hadir didampingi pengurus HILMI lainnya.

Penyerahan tersebut secara simbolis dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri, kepada Habib Ali Al Hamid, di aula sekretariat daerah (Setda) Kabupaten Sukabumi, di Jalan Siliwangi Palabuhanratu, Selasa minggu lalu (9/1) disaksikan Wakil Ketua Umum MUI Kab. Sukabumi Drs. H. UK. Anwarudin, Ketua Baznas Kabupaten Sukabumi Drs. H. U Ruyani dan para tokoh masyarakat Sukabumi lainnya. “Pengumpulan dana ini sesuai dengan intruksi Bupati Sukabumi tentang bantuan kemanusiaan untuk membantu dan bersodaqoh kepada Rakyat Rohingnya,” ujar Iyos Somantri.

Ketua DPP Hilal Merah Indonesia (HILMI), Habib Ali Al Hamid, saat memberikan kata sambutan.
Ketua DPP Hilal Merah Indonesia (HILMI), Habib Ali Al Hamid, saat memberikan kata sambutan.

Atas dasar intruksi tersebut, menurut Iyos Somantri, para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sukabumi dan para donatur dari berbagai lembaga elemen masyarakat secara bersama-sama mengumpulkan dana tersebut. “Alhamdulilah, dari prngumpulan dana tersebut terkumpul dana 779 juta rupiah. Dan langsung kita serahkan melalui perwakilan Hilal Merah,” terangnya.

Iyos Somantri juga berharap dengan dana tersebut bisa membantu meringankan beban saudara-saudara di Rohingnya. “Semoga dengan apa yang kita lakukan dapat mendorong dan menciptakan masyarakat yang religius dan berdampak pada masyarakat yang rohmatan lil alamin menuju masyarakat yang mubarokah,” paparnya.

Di sela-sela acara tersebut juga disampaikan pengalaman cerita dan paparan teknis penyaluran bantuan kepada rakyat Rohingya yang selama ini Hilal Merah Indonesia (HILMI) lakukan oleh Ustadz Choirul RS salah seorang relawan HILMI yang disaksikan para pegawai Pemkab Sukabumi, dibarengi dengan pemutaran dokumenter film seputar aksi-aksi relawan HILMI dalam membantu warga etnis Rohingya, baik saat di Myanmar maupun di tempat pengungsian di Bangladesh.

Ustadz Choirul RS, saat berbagi pengalamannya selama membantu masyarakat Rohingya.
Ustadz Choirul RS, saat berbagi pengalamannya selama membantu masyarakat Rohingya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Sukabumi, Iwan Ridwan, yang juga sebagai ketua penyelenggara pengumpul dana, menyatakan bahwa sumbangan yang dihimpunnya itu disetor langsung kepada Tim Peduli Rohingnya di Kabupaten Sukabumi melalui rekening BJB, dan juga melalui Baznas Kabupaten Sukabumi yang dihimpun melalui rekening Baznas Kabupaten Sukabumi. Sampai saat terakhir proses transfer kepada Hilal Merah Indonesia (HILMI) terdapat penambahan dana sebesar Rp. 1.030.000, hingga total dana yang diserahkan menjadi sebesar 780. 030.000 rupiah. (RG)

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Program Bantuan Rohingya / Pemkab Sukabumi Salurkan Bantuan untuk Rohingya melalui HILMI
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram