Perjalanan Dakwah FPI Poso Episode 2, Dalam menembus Suku Pedalaman Wana, Sulawesi Tengah

DPW FPI Poso kembali melanjutkan perjalanan dakwahnya untuk menemui suku yang sangat terasing dari perkembangan dunia. Suku yang bernama Wana berada di dalam hutan Sadame kecamatan Tojo kabupaten Tojo una-una, Poso, Sulawesi Tengah.

Dipimpin langsung Ketua DPW FPI Poso, Ustadz Sugianto Kaimudin, perjalanan dakwah itu dilakukan pada Sabtu (16/12/2017) lalu, waktu Poso selama tiga hari tiga malam.

Dengan mengirim 3 orang perwakilannya, FPI diterima baik oleh ketua adat setempat yakni Papa Niren. Meski dalam perjalanannya ke lokasi sangat “ekstrim” dan penuh resiko membuat FPI Poso tidak mengurungkan niatnya untuk mengetahui suku pedalaman Wana. Bahkan warga suku pedalaman Wana bersedia di Islamkan oleh FPI Poso.

Tak hanya mengislamkan suku pedalaman Wana, FPI Poso juga memberi bantuan kepada warga untuk mendirikan bagunan rumah-rumah warga serta pendopo di sana. Selain bangunan rumah warga dan pendopo, FPI Poso juga mendirikan masjid untuk warga suku Wana yang telah masuk Islam yang ingin melaksanakan sholat berjamaah.

Berangkat menuju pedalaman Wana dan menyiapkan segala sesuatu, termaksud membelanjakan bantuan berupa Seng 200 buah untuk tahap awal untuk pembuatan pendopo dan rumah penduduk yang siap di Islamkan. Selanjutnya, kami tinggal di pondok sederhana dan sambil menyiapkan penyengsoran bahan bangunan untuk pembangunan rumah, pendopo dan masjid. Ungkap Ustadz Sugianto Kaimudin.

Tak lupa dengan tanah airnya, FPI Poso bersama warga suku Wana juga melakukan kegiatan pengibaran bendera merah putih sebagai simbol bahwa FPI dan suku Wana tidak melupakan tanah airnya, yakni Indonesia. (RG)

Aplikasi HILMI FPI

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram