Perjalanan Dakwah FPI Poso, Membantu Penduduk Pedalaman Suku Wana, Sulawesi Tengah

Hilal Merah Indonesia – Perjalanan dimulai mengunakan mobil dari Poso menuju Desa Lijo menempuh perjalanan selama sehari semalam, Tim Front Pembela Islam (FPI) Poso pimpinan Ustadz Sugianto yang membawa tim laskar FPI yang berjumlah 11 orang, harus bermalam selama 2 malam di rumah penduduk dikarenakan belum adanya perahu serta dangkalnya sungai dan intensitas hujan yang menurun.

Kemudian keesokan harinya menggunakan perahu rakit, tim FPI Poso menuju Desa Tinting menuju Desa Suku Wana, di Desa Fatu Marando, wilayah Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah, untuk memulai perjalanan dakwah. Misi dakwah ini juga sekaligus membantu perbaikan dan pembangunan rumah-rumah penduduk di sana.

Perjalanan selanjutnya, dengan membawa material bahan bangunan berupa semen, seng, kayu dan lainnya, Tim FPI Poso harus membelah sungai Bongka, Sulawesi Tengah yang ekstrim dan sangat deras arusnya selama 6 jam, hanya dengan bermodal 5 perahu rakit bambu. Karena hanya jalur sungai inilah yang bisa dilalui untuk sampai ke tempat tujuan. Perjalanan berat penuh resiko ini tak menyurut semangat tim. Bahkan, di sela-sela perjalanan pembaca dapat saksiksan dalam tayangan video, beberapa kali Tim FPI Poso terguncang arus sungai Bongka beberapa kali. Ditambah turunnya hujan deras di tengah perjalanan, semakin menambahnya berat dan beresiko perjalanan.

Para Laskar FPI saat membangun rumah bagi para penduduk Desa Wana.

Tahapan selanjutnya, tidak kalah beratnya harus membelah rimba hutan belantara, mendaki gunung dengan berjalan kaki selama kurang lebih 5 jam. Total perjalanan misi yang mulia ini harus ditempuh selama satu hari satu malam.

Tiba malam hari, gemuruh syahadat bergema menyeruak di tengah sunyinya belantara Desa Fatu Marando. Kalimat La ilaha illallah Muhammadur Rasulullah terucap secara kolektif dari para penduduk yang bergegas menyatakan diri untuk menjadi mualaf. Dituntun dengan penuh semangat oleh para tim laskar FPI Poso, tercatat sebanyak 67 orang telah berhasil masuk ke dalam Islam dalam ikrar suci itu.

Pada pagi harinya, tim FPI Poso merealisasikan pembangunan dan perbaikan rumah-rumah penduduk yang sebelumnya sangat sederhana hanya beratap dedaunan rotan, untuk diperbaiki dan diubah menggunakan atap seng.

Kini, tim FPI Poso telah berhasil membangun dan memperbaiki rumah-rumah penduduk Suku Wana sebanyak 6 rumah dan masih tersisa 8 rumah lagi yang belum dipasangkan atap seng, karena kekurangan bahan-bahan material.

Untuk itu, kami pun membuka diri para dermawan dan masyarakat lainnya, apabila berkenan membantu perjuangan misi dakwah FPI Poso ini dalam tahapan selanjutnya. Bantuan dan donasi Anda dapat menghungi kami lewat nomor telpon 021. 27531215 atau melalui halaman hubungi kami. (RG)

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Aksi Kemanusiaan / Perjalanan Dakwah FPI Poso, Membantu Penduduk Pedalaman Suku Wana, Sulawesi Tengah
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram