Ketua Umum FPI, KH. Ahmad Shobri Lubis saat menyerahkan bantuan Al-Quran dan kerudung bagi anak-anak Rohingya.

HILMI-FPI Salurkan Bantuan Tahap 2 Rakyat Indonesia untuk Rohingya

Bantuan tahap ke-2 rakyat Indonesia untuk rakyat Rohingya kali ini dialokasikan ke Bangladesh. Di mana terdapat kurang lebih 800 ribu jiwa yang mengungsi untuk menghindari kekerasan di negara bagian Rakhine, Myanmar.

Aksi bantuan kemanusiaan kali ini langsung dipimpin oleh Ketua Umum FPI, KH. Ahmad Shobri Lubis serta beberapa relawan HILMI-FPI yang berangkat dari tanah air sejak Jum’at, 3 November lalu. Keberangkatan tersebut dilepas langsung dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng oleh Ketua Umum Hilal Merah Indonesia (HILMI) Habib Ali Al Hamid dan beberapa pengurus DPP HILMI.

Ketua Umum Hilal Merah Indonesia (HILMI) Habib Ali Al Hamid (kiri) dan beberapa pengurus DPP HILMI saat melepas keberangkatan Ketua Umum FPI menuju Bangladesh.

Esok harinya Ketua Umum FPI dan beberapa relawan HILMI-FPI langsung meninjau kampung-kampung pengungsi untuk mengalokasikan bantuan. Kampung-kampung yang menjadi sasaran bantuan itu adalah, Thaing Kali, Bahlu Kali dan Teknaf, yang merupakan daerah-daerah bebukitan gersang dan kering. Di bawah cuaca terik dan menyengat itu, petinggi Front Pembela Islam dan para relawan menyaksikan langsung hamparan shelter- shelter pengungsi untuk memulai kehidupan baru.

Selain membangun pengadaan shelter- shelter barudi tiga desa tersebut, HILMI-FPI juga membuat plan pembangunan fasilitas-fasilitas umum bagi masyarakat Rohingya berupa; Masjid, Madrasah, Tahfidzul Quran, Sumur, MCK serta fasilitas lainnya. Dan beberapa fasilitas telah masuk tahap finishing.

Di lokasi pengungsian tersebut HILMI-FPI menyerahkan bantuan langsung berupa; waqaf Quran sebanyak 200 mushaf, Iqro Bangladesh sebanyak 300 buku, serta ratusan kerudung.  

Dari lokasi pengungsian masyarakat Rohingya mengucapkan rasa terima kasih tak terhingga kepada rakyat Indonesia atas bantuan ini. Hal ini juga disampaikan Ketua Umum FPI, KH. Ahmad Shobri Lubis, mengungkapkan rasa syukurnya dapat menyalurkan secara langsung bantuan dari seluruh rakyat Indonesia ini, hingga sampai ke tangan-tangan yang berhak.  

HILMI-FPI akan terus berupaya untuk menyalurkan bantuan dari umat Islam Indonesia dan dalam jangka panjang, fasilitas pendidikan agama untuk anak-anak Rohingya beserta guru-gurunya diharapkan akan menjadi program yang berkesinambungan. (RG)

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Program Bantuan Rohingya / HILMI-FPI Salurkan Bantuan Tahap 2 Rakyat Indonesia untuk Rohingya
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram