Para laskar FPI Bogor bahu-membahu bekerja keras merenovasi rumah Ibu Uha.

HILMI-FPI Kembali Bedah Rumah Seorang Janda

Hilal Merah Indonesia (HILMI) kembali melakukan bedah rumah untuk seorang janda miskin yang bertempat tinggal di Kampung Lebak Picung,  Desa Ciomas, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor.  Rumah dengan kondisi beberapa bagian yang telah rapuh termakan usia, rusak dan dipastikan membahayakan penghuninya.

Adalah rumah milik Ibu Uha (54 th) janda dari 6 orang anak yang hanya berprofesi sebagai kuli serabutan di ladang sawah milik tetangga. Itupun berlaku hanya musiman, saat hanya musim menanam dan musim panen tiba. Untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, Ibu Uha menjual kayu bakar seharga 3500-4000 per 2-3 ikat. Dengan kondisi ini, Ibu Uha juga berjuang menghidupi kebutuhan 2 orang anaknya yang masih sekolah, serta 4 orang anak lainnya meski sudah menikah hidup dalam satu atap juga sama dengan keadaan ekonomi yang pas-pasan.

Kondisi rumah Ibu Uha saebelum direnovasi.
Kondisi rumah Ibu Uha saebelum direnovasi.

Kondisi Ibu Uha dan keluarga itu, akhirnya menggugah para pengurus DPW FPI Bogor Raya untuk merencanakan bantuan dan memperbaiki rumah Ibu Uha. Kemudian DPW FPI Bogor Raya membuat proposal bantuan yang ditujukan kepada Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al-Azhar, DPP HILMI serta pihak-pihak lainnya.

Berkat bantuan dana DPP HILMI senilai 3 juta rupiah dan LAZ Al Azhar senilai 2 juta rupiah serta bantuan swadaya dari masyarakat sekitar berupa bahan-bahan material yang mencapai nilai 6,3 juta rupiah, akhirnya proses bedah rumah Ibu Uha berhasil dilaksanakan awal Oktober ini.

Ibu Uha saat menerima bantuan awal dari HILMI-FPI.
Ibu Uha saat menerima bantuan awal dari HILMI-FPI.

Menurut penanggung jawab lapangan Bapak Cahyadi dan Bapak Wawan, dari  total anggaran dana yang dibutuhkan sebesar 25 juta rupiah, program bedah rumah Ibu Uha ini mengharapkan bantuan para dermawan dan masyarakat luas lainnya untuk membantu pengadaan sisa dana 7 juta yang dibutuhkan. Hingga rumah baru layak huni bagi Ibu Uha dapat segera direalisasikan. (RG)

Aplikasi HILMI FPI

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram