Perjalanan Dakwah Tebar Qurban HILMI-FPI Langkat

Hilal Merah Indonesia, SUMATERA DPW FPI Langkat dan Hilal Merah Indonesia (HILMI), Selasa, 3 September 2017 melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan qurban (Tebar Qurban) yang diamanatkan dari para dermawan, khususnya hamba-hamba Allah yang menitipkan amanatnya kepada HILMI dan FPI.

Sebanyak 1 (satu) ekor sapi yang kemudian dagingnya dikemas dalam kantung-kantung plastik untuk dialokasikan bagi ummat Islam dan masyarakat lainnya di sebuah daerah terpencil yaitu Dusun V Panduman, Desa Parangguam, Kecamatan Salapian, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Di mana lokasi tersebut adalah sebuah perkampungan yang letaknya di wilayah kawasan hutan, di atas perbukitan dan sangat jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Meski demikian, para aktifis FPI maupun HILMI tetap bersemangat medan yang berat penuh lelikuan dan potensi bahaya.

HILMI-FPI Langkat Gelar Tebar Qurban, Ratusan Warga Masuk Islam

Di Dusun V Panduman itu terdapat 35 KK,  yang mayoritas 30 KK di antaranya adalah pemeluk agama Islam dan selebihnya masih animisme serta beragama Kristen.

Dakwah FPI Langkat

Sejak tahun 2014 yang lalu, daerah terpencil dusun Panduman menjadi prioritas utama dalam program dakwah FPI Langkat.

Hal itu disebabkan keberadaan masyarakat desa yang mayoritas pemeluk agama Islam yang telah ada sejak tahun 1979 itu, justru tahun 2014 menjadi pertama kalinya mereka mendengar suara kumandang azan di dusun mereka.

Baru pertama kali mereka melaksanakan sholat. Dan baru pertama kali pula mereka melaksanakan ritual-ritual hari besar Islam, berpuasa di kala Ramadhan dan sebagainya.

Kesemuanya terwujud berkat masuknya misi para Relawan Dakwah FPI Langkat berhasil masuk dan menjangkau ke lokasi perkampungan mereka.

Pembangunan Masjid di Dusun Panduman oleh FPI Langkat

FPI Langkat sendiri, awalnya mendapatkan informasi tentang keberadaan dusun Panduman itu, berkat informasi sebuah wadah perkumpulan masyarakat pencinta modifikasi motor yang bernama Team IOF dan Ekstrim.

Yang kemudian bersama dengan FPI hingga saat ini masih mengupayakan untuk membangun sebuah masjid di perkampungan tersebut.

Alhamdulillah hingga sekarang pembangunan masjid masih dilaksanakan, namun baru mencapai sekitar 50% karena kondisi geografis dan kendala akses jalan menuju ke dusun Panduman.

Sulitnya akses jalan menuju lokasi tersebab banyak jalan yang licin, perbukitan terjal, jurang dan sebagainya.

Karena kesemuanya bagian dari prinsip dan amanah dakwah, FPI pada akhirnya mendirikan posko dakwah secara darurat untuk masyarakat di daerah tersebut.

Kegiatan Sosial FPI Mengislamkan Ratusan Warga

Alhamdulillah dari kegiatan posko relawan dakwah FPI Langkat, akhirnya masyarakat bisa bertambah wawasan ke-islamannya.

Bahkan 3 orang warga dusun yang sebelumnya adalah pemeluk agama Kristen, kemudian akhirnya memilih untuk masuk islam melalui posko FPI Langkat. Dan hingga sekarang masih terus dibina oleh DPW FPI Langkat.

HILMI-FPI Langkat Gelar Tebar Qurban, Ratusan Warga Masuk Islam

Jumlah muallaf yang dibina oleh DPW FPI Langkat sejak pendirian posko-posko beberapa kali di berbagai lokasi, telah berhasil mendapatkan 52 KK muallaf yang bersyahadat melalui posko-posko relawan dakwah FPI Langkat. Dan total jiwa hingga kini yang tercatat, telah mencapai 238 jiwa.

Pada Idul Adha kali ini FPI Langkat dan HILMI mengadakan penyembelihan hewan qurban (Tebar Qurban) yang khusus diperuntukkan bagi mereka warga Dusun V Panduman yang terpencil.

Agar mereka dapat merasakan nikmatnya berlebaran idul Adha dan menyantap rasanya daging, yang tentu jarang mereka temui dalam kesehariannya.

Dalam sambutannya, mereka warga Dusun V Panduman sangat berbahagia saat menerima daging hewan qurban yang diberikan oleh DPW FPI Langkat dan HILMI, tepatnya pada tanggal 12 Dzulhijjah 1438 Hijriyah atau di hari ke dua tasyrik.

Ucapan rasa terimakasih juga disampaikan para warga dusun tersebut, yang ditujukan kepada para ahlul jannah yang telah sudi menempatkan kewajiban qurbannya ke dusun mereka.

Hingga nikmat yang dirasakan oleh ummat islam di daerah lainnya juga bisa mereka rasakan pula dengan kebahagiaan dan kebersamaan.

Para tokoh masyarakat menyampaikan apresiasi kepada FPI Langkat dan HILMI, mereka berharap agar relawan dakwah FPI Langkat dan HILMI tetap dapat memberikan pencerahan kepada mereka dan anak-anak mereka, hingga mampu melaksanakan Sunnatullaaha wasunnatun Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

(Kontributor Langkat/rg)

Foto-foto kegiatan lainnya: http://hilalmerahindonesia.org/album-60-perjalanan-dakwah-dan-tebar-qurban-hilmifpi-langkat.html

Artikel Lainnya :

HILMI FPI Android

Silahkan dibagikan dan jangan lupa untuk menyertakan sumber...

Home / Tebar Qurban / Perjalanan Dakwah Tebar Qurban HILMI-FPI Langkat
Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter Bagikan ke WhatsApp Bagikan ke Telegram

One thought on “Perjalanan Dakwah Tebar Qurban HILMI-FPI Langkat”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *